Jalan Alternatif Hindari Banjir di Samarinda

Erick Budi Santoso

(Kasatlantas Polresta Samarinda)

Samarinda, DiswayKaltim – Hampir sepekan Ibu Kota Kaltim terendam banjir. Dari pantuan, sejumlah wilayah seperti Jalan Dr Soetomo, Jalan M Yamin, Bengkuring dan Perumahan Griya Mukti Sempaja masih tergenang banjir.

Oleh karna itu, Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Samarinda memberikan jalur alternatif untuk menghindar dari kepungan air bah tersebut.

Kasat Lantas Polresta Samarinda Kompol Erick Budi Santoso mengatakan, jalur yang direkomendasikan bagi masyarakat dari arah Balikpapan untuk menuju ke Bontang atau Bandara APT Pranoto, yaitu Jalan Antasari, Jalan PM Noor, langsung menuju Jalan DI Panjaitan.

Sementara itu, untuk jalur melalui pusat kota, di antaranya melalui Lambung Mangkurat, Gerilya, selanjutnya Damanuri dan tembus ke Jalan DI Panjaitan.

Masyarakat yang ingin melintas ke Jalan Dr Soetomo pun diarahkan untuk lewat jalan alternatif Jalan Anggur. Hal ini dikarenakan air Sungai Karang Mumus (SKM) meluap.

“Kami juga sudah menurunkan personel ke lapangan untuk menertibkan lalu lintas di beberapa titik yang menjadi jalan alternatif yang saat ini mulai macet,” katanya.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda, Hendra menuturkan, untuk kawasan banjir terparah masih di Bengkuring dan Griya Mukti.

“Untuk di Bengkuring dan Griya Mukti tercatat sekitar 15 RT yang terendam banjir cukup parah,” ucapnya.

Saat ini pun, personel BPBD Samarinda masih berjaga-jaga di lokasi untuk membantu evakuasi warga. “Kami disini juga bersama-sama dengan tim kesehatan dan relawan terus berjaga,” kata Hendra. (mfy/dah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*