Maskapai Bujet Murah Singapura Siap Saingi Lion Air

Scoot Tigerair Airlines. (ist)

Jakarta, DiswayKaltim– Rencana Presiden Joko Widodo mengundang maskapai luar untuk meramaikan penerbangan Tanah Air bak gayung bersambut.

Tiga maskapai asing disebut-sebut sudah tertarik mengambil peran dalam penerbangan domestik. Wacana ini menurut presiden bisa menurunkan harga tiket yang kini melambung.

Kehadiran maskapai luar diyakini membuat pasar akan semakin kompetitif. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut Scoot Tigerair Pte Ltd sudah menyatakan ketertarikannya.

Maskapai berbujet murah itu merupakan anak usaha Singapore Airlines. Scoot Tigerair digadang mampu memberikan alternatif pilihan pesawat murah selain Lion Air.

Seperti diketahui, dunia penerbangan komersil Indonesia saat ini dikuasai duopoli Garuda Indonesia serta Lion Air Grup dengan dua segmentasi kelas yaitu bisnis dan ekonomi.

“Spiritnya kompetisi, bukan asing,” tegas Menhub.

Bahkan, Air Asia Airlines yang berbendera Malaysia bahkan sudah lama beroperasi di Indonesia. Dengan wacana maskapai asing ini, Air Asia hanya perlu menambahkan jumlah rute.

“Ya, karena kita tidak memiliki kewenangan menentukan harga tiket. Tarif atas dan bawah saja. Soal harga itu urusan Airlines,” kata Budi.

Beberapa waktu lalu viral maskapai China Airlines melayani rute Jakarta-Makassar. Masyarakat pun mengaitkan hal itu dengan rencana terlibatnya maskapai asing seperti diutarakan presiden beberapa waktu lalu.

Diketahui, penerbangan Jakarta-Makassar yang dijual China Airlines merupakan kerja sama dengan Garuda Indonesia. Model kerja sama ini lumrah dalam dunia penerbangan komersil. Hal sama juga dilakukan Garuda dalam penerbangan mancanegara. (*/net/eny)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*