Penerbitan IMB Pulau Reklamasi Terus Disorot

(foto:istimewa)

Jakarta, DiswayKaltim.com– Kisruh tentang reklamasi Teluk Jakarta kembali mencuat. Pokok soalnya adalah pemberian izin mendirikan bangunan (IMB) Gubernur DKI Anies Baswedan. Berbagai kecaman dan pertanyaan pun bermunculan.

“Tentu saja, gubernur DKI memiliki alasan untuk melakukan langkah ini. Akan tetapi alasan-alasan yang disampaikan terbukti belum ampuh untuk meredam kontroversi,” ujar Ketua Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus di Jakarta, Minggu (23/6/2019).

Bahkan, ungkap Lucius, Fraksi NasDem DPRD DKI berencana menggulirkan interpelasi atas kebijakan pemberian IMB tersebut.

“Apakah rencana interpelasi akan berjalan mulus? Seberapa rencana itu akan mendapatkan dukungan masyarakat? Benarkah IMB yang diterbitkan gubernur DKI ilegal? Seberapa serius dampak lingkungan atas kebijakan penerbitan IMB ini?” tanya Lucius.

Pertanyaan lain, lanjut Lucius, bagaimana pula mengukur konsistensi dan komitmen antara janji politik Anies untuk menghentikan reklamasi dan keluarnya IMB yang bisa dianggap meneruskan kebijakan reklamasi?

Akankah Anies kuat menghadapi serangan politik, baik dari dalam maupun dari luar? Apakah mungkin keputusan itu dapat ditarik kembali? “Selain PKS, apakah Gerindra, PAN dan PD akan ikut serta menolak hak interpelasi?,” tanya dia lagi. (rul/indopos/eny)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*