Bentuk Kedisiplinan Mahasiswa, 1617 Mahasiswa Ikut Ospek di Yonif 611/Awl

Mahasiswa Polnes yang mengikuti kegiatan orientasi pengenalan kampus di Yonif 611/Awl. (Michael/DiswayKaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Ingin membentuk kedisiplinan, kerja sama dan kemandirian, 1617 mahasiswa baru (Maba) Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) mengikuti Orientasi Mahasiswa Baru (Omaru). Kegiatan diselenggarakan di Kompi C Yonif 611/Awl Jalan Cipto Mangunkusumo, Senin (2/9/2019).

“Omaru ini merupakan acara rutin untuk mahasiswa Polnes bertujuan untuk melatih mereka agar disiplin dan bekerja sama dengan baik serta memiliki kemandirian yang tinggi,” kata Direktur Polnes Ir Ibayasid.

Menurutnya, hal itu sangat diperlukan sebagai mahasiswa Polnes kedepannya. Tentunya, orientasi ini sangat berbeda dengan perguruan tinggi lainnya yang perkuliahannya hanya fokus pada teori. Polnes, sebagai perguruan tinggi vokasi mengutamakan praktik dibandingkan teori, yang mana praktik 70 persen dan teori hanya 30 persen.

“Dalam perkuliahan terdapat praktikum, tugas dan kegiatan-kegiatan lainnya yang sangat membutuhkan kerja sama antar mahasiswa. Di Omaru ini, kami ingin melatih mereka agar menjadi mahasiswa Polnes yang mandiri,” bebernya.

Ribuan mahasiswa baru yang mengikuti Omaru ini tambah Ibayasid, merupakan mahasiswa program studi (Prodi) Diploma III sebanyak 985 dan S-1 terapan 632. Ia juga menambahkan, saat ini Polnes memiliki 24 Prodi delapan diantara-Nya S-1 tetapan.

Orientasi ini perlu dilakukan agar mereka tidak kaget saat memasuki dunia kampus dan menjadi mahasiswa Polnes. Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini para calon mahasiswa bisa menyesuaikan diri mengikuti aturan dan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan di Kampus Polnes.

“Kerja sama Polnes dan Yonif 611 ini tujuannya agar mahasiswa ini memiliki kedisiplinan, mandiri dan memiliki semangat cinta tanah air. Kami berharap semoga mereka bisa mengikuti proses Omaru ini dengan baik serta penuh semangat,” harapnya (mic/boy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*