Begini Kondisi Bekas SD Inpres di Kukar

Bekas bangunan SD inpres di Jongkang, Loa Kulu yang kini menjadi SDN 019. (Rafii/DiswayKaltim)

Kukar, DiswayKaltim – SD inpres sudah dihapus. Namun jejak bangunanya masih utuh. Di Jongkang. Kecamatan Loa Kulu.

Lokasinya berada di Jalan AP Mangkunegoro RT 02.  Sekarang sudah berganti nama menjadi SDN 019 Jongkang.

“Sebelum inpres berdiri, gedung sekolah ini didirikan berdasarkan swadaya masyarakat,” ucap staff pengajar SDN 019 Salasiah pada DiswayKaltim.com, Selasa (22/10/2019).

Sekolah ini dibangun pada 1980-an. Awalnya swadaya. Dibangun secara gotong royong oleh warga. Akhirnya oleh pemerintah ditetapkan sebagai sekolah instruksi presiden (inpres). Saat itu hanya ada dua ruang kelas. Tapi kini sudah bertambah.

Berdasarkan pantauan tim DiswayKaltim.com, SDN 019 Jongkang memiliki gedung terpisah.  Ada tiga titik. Namun tidak berjauhan. Hanya dibatasi jalan alias berseberangan.

Titik pertama adalah gedung utama. Disebut sebagai SD inpres. Saat ini ditempati kelas I hingg III. Saat masih berstatus inpres ada empat lokal. Tiga lokal untuk kelas I hingga VI. Satu lokal khusus ruang guru.

Salasiah saksi hidup mengajar di sana. Muridnya kala itu tidak sampai 20 anak. Satu lokal pun bisa ditempati dua kelas. Aktivitas belajar hanya dibatasi sekat.

“Karena masyarakat di sini sedikit,”  sebutnya.

Gedung kedua bekas SD Inpres Jongkang yang kini menjadi SDN 019. (Rafii/DiswayKaltim)

Dan sejak awal berdirinya sekolah dasar tersebut. Baru sekali gedung utama melakukan renovasi besar-besaran. Yakni melakukan pergantian atap kelas yang mulai termakan usia.

Sedangkan titik dua dan tiga hanya berdampingan. Ditempati siswa kelas IV hingga VI. Sejak tahun 1990-an SDN 019 Jongkang resmi menanggalkan status inpres. Jumlah murid pun terus bertambah. Cukup pesat. Menjadi 208 murid. Dengan tenaga pengajar 12 orang.

“Total sekarang SDN 019 Jongkang memiliki 10 lokal (kelas,red),” pungkas Salasiah. (mrf/boy)

Baca juga : SD Inpres Riwayatmu Kini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*