Pemkot Jemput Bola, Stadion Batakan Diusulkan Venue Piala Dunia U-20

Kemegahan dan fasilitas memadai Stadion Batakan cocok untuk gelaran skala dunia. (Andi M Hafizh/DiswayKaltim)

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Pemerintah Kota Balikpapan akan mengusulkan Stadion Batakan sebagai salah satu venue pelaksanaan Piala Dunia U-20, tahun 2021.

Senin (28/10/2019) pekan depan, usulan itu akan disampaikan pada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Kita akan kirim surat ke Menpora, Senin pekan depan,” kata Rizal Effendi, Sabtu (26/10/2019).

Menurut Rizal, Stadion Batakan yang berkapasitas 40 ribu penonton itu layak menggelar ajang sekelas Piala Dunia. “Kalau melihat dalamnya (fasilitas) layak, hanya saja memang diperlukan beberapa penambahan,” sebutnya.

Tambahan yang diperlukan adalah lapangan tambahan di luar stadion yang berfungsi untuk pemanasan. Kemudian pembenahan lansekap dan beberapa fasilitas tambahan di dalam stadion. Baik untuk penonton, pemain, pelatih maupun official.

Perbaikan akan dilakukan apabila usulan pemerintah daerah disetujui. “Mudah-mudahan saja (disetujui). Soalnya kalau sudah ditetapkan, tentunya pemerintah pusat akan support pendanaan. Ini kesempatan kita,” kata Rizal menambahkan.

Dengan siswa waktu tak sampai dua tahun, Rizal Effendi optimistis masih ada kesempatan melakukan perbaikan fasilitas stadion.

Piala Dunia U-20 merupakan kejuaraan sepak bola resmi yang diadakan FIFA setiap dua tahun sekali. Kejuaraan ini diikuti oleh setiap negara yang mengirimkan tim nasional sepak bola di kelompok umur di bawah 20 tahun.

Federasi sepak bola dunia (FIFA) telah menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dalam pengumuman di Shanghai, China, Kamis (24/10/2019). Indonesia menyisihkan dua negara Amerika Selatan, yakni Brazil dan Peru.

Indonesia menyiapkan sepuluh stadion untuk menggelar kejuaraan itu. Yakni; Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), Mandala Krida (Yogyakarta), Jakabaring (Palembang), Wibawa Mukti (Cikarang), Patriot (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung) dan Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Turnamen akan diikuti 20 negara peserta dan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2021. (fey/eny)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*