Rayakan Maulid 40 Hari Berturut-turut hingga 21 Desember

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Majelis Taklim Al Yumnu Wal Iman menyelenggarakan Maulid Arbain. Perayaan maulid selama 40 hari berturut-turut, sejak tahun 2010. Sebanyak 39 hari digelar bergiliran dari rumah ke rumah. Puncaknya, hari ke-40, digelar event akbar.

“Maulid Arbain dilakukan berturut-turut selama 39 hari. Dari rumah ke rumah anggota yang bersedia memfasilitasi,” kata Habib Muhammad Hadi bin Abdul Rahman Al Haddad, salah satu pimpinan M.T Al Yumnu Wal Iman, saat ditemui Disway Kaltim di sela kegiatan Maulid Arbain kedua, Rabu (30/10/2019).

Perayaan maulid di kediaman Bapak Ardhian (Jl. Pattimura RT 48).

Diantara kegiatannya, lanjut Habib, yakni membaca kitab maulid, selawatan dan kasidahan. Membaca kitab tentang kehidupan nabi. Tausiyah agama dan memanjatkan doa.

“Itu bukti kecintaan kepada Rasulullah Muhammad SAW. Yang sebabnya umat ini dimuliakan. Juga untuk mengambil berkah dari kelahiran Nabi Muhammad, karena beliau sumbernya berkah. Tanpanya kita tidak mendapatkan berkah,” jelasnya.

Habib menambahkan, puncak perayaan Maulid Arbain adalah Maulid Akbar dan Haul Al Qutub Al Imam Al Habib Abdullah Bin Alwi Bin Muhammad Al Haddad (Shohibur Ratib). Pada tanggal 21 Desember 2019. Di BSCC Dome Balikpapan.

Kegiatan itu, sambungnya, melibatkan kurang lebih 6.000 jamaah dari berbagai daerah di Kaltim. “Kami juga mengajak seluruh masyarakat Balikpapan yang ingin berpartisipasi pada Maulid Arbain maupun Maulid Akbar,”.

“Acara puncak ini juga memfasilitasi bagi warga yang ingin melangsungkan Akad Nikah dan Tasmiahan, dalam kegiatan tersebut” imbuhnya.

Adapun rangkaian kegiatan Maulid Akbar dan Haul, yaitu membaca yasin dan ratib al haddad, membaca maulid dan kasidahan, akad nikah dan tasmiah, pembacaan manaqib shohibul haul, ceramah agama serta tahlil, talqin zikir dan doa bersama.

Habib pun bercerita tentang Maulid. Ia mengaku senang menyambut bulan Maulid Nabi. Ia bertekad untuk Mensyiarkan Maulid Nabi di Kota Balikpapan. Mengenalkan kepada generasi muda untuk mencintai selawat. Habib juga berharap, Balikpapan diberkahi Allah. Dijaga dari marabahaya dan musibah. Berkat maulid.

“Maulid mampu membangkitkan rasa rindu kepada Rasulullah SAW. Melalui maulid 40 malam,” tuturnya.

Tujuan kegiatan ini, salah satunya, Ia berharap diangkat segala kesusahan dunia dan akhirat. Baik zahir ataupun batin. Berharap mendapatkan husnulkhatimah serta syafaat dan pertolongan nabi di dunia dan di akhirat.

“Disamping itu, juga sebagai penjaga akidah ahlusunnah waljamaah dan meneruskan sunnah para ulama ahlusunnah waljamaah (salafunas sholeh),” terangnya.

Habib Muhammad Hadi bin Abdul Rahman Al Haddad menegaskan bahwa kegiatan ini tak lepas dari peran M.T Al Yumnu Wal Iman. Yang sebelumnya telah melakukan kegiatan rutin. Yaitu, dakwah keliling setiap hari dari masjid ke masjid dan rumah ke rumah.

Juga di sekretariat setiap malam sabtu di Jl. Tumaritis, Batu Ampar, Balikpapan Utara, Musala Ibadurrahman.

Majelis yang beranggotakan sekitar 300 orang itu, berdasarkan pada akidah ahlusunnah waljamaah.

“Bahan pembelajarannya antara lain: fikih, tasawuf, tafsir Alquran, sejarah atau siroh nabawi, kitab akhlak dan kitab tentang akidah,” imbuhnya. (M6/dah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*