Digelar di Balikpapan, Turnamen ASFC U-18 Diikuti 10 Tim Asia

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Balikpapan menjadi tuan rumah Turnamen Asian School Football Championship (ASFC) U-18 atau Piala Pelajar Asia. Dipastikan 10 tim akan berpartisipasi.

Di antaranya, Korea Selatan, Iran, China, Thailand, Singapore, India, Malaysia, Srilanka, Brunei Darusalam dan Indonesia.

“Iya, 10 tim pesertanya, termasuk Indonesia. Untuk pesertanya itu Kemenpora yang urus,” ujar Sekretaris Panitia Pelaksana Irvan Taufik.

Dia mengungkapkan, Indonesia rencananya akan menurunkan Timnas Pelajar U-18 yang di bawah koordinasi langsung Kemenpora melalui Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP). Bukan timnas U-18 di bawah PSSI.

“Bukan Timnas U-18 PSSI, dari PPLP dari sekolah-sekolah. Jadi di bawah koordinasi Kemenpora bukan PSSI,” ujarnya.

Menurutnya, turnamen Asian School Football Championship U-18 bukan event yang digelar FIFA ataupun AFC dan PSSI.

Turnamen tersebut merupakan agenda negara-negara yang tergabung dalam  Asosiasi Sepak Bola Pelajar Asia

“Ini event pemerintah khusus untuk kegiatan pelajar, tapi koordinasinya tetap ke PSSI, karena untuk bantuan wasit dan lainnya,” sebutnya.

Turnamen tersebut, kata dia, digelar setiap tahun. Dan tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah. Stadion Batakan dan Stadion Sudirman ditunjuk Kemenpora untuk menggelar turnamen yang sudah berlangsung selama 47 tahun tersebut.

“Jadi dia pertandingannya lebih ke friendly, anak-anak sekolah. Iya diurut berdasarkan abjad, habis India baru ke Indonesia, setelah Indonesia setelah itu Laos, setiap tahun sekali rasanya digelar,” ujarnya.

Soal perangkat pertandingan, masing-masing peserta membawa wasit yang nanti akan memimpin pertandingan. Panitia pelaksana juga telah menyurati Asosiasi Provinsi (Asprov) Kaltim untuk penyediaan wasit tuan umah.

“Jadi masing-masing delegasi membawa wasit, misalnya Malaysia bawa satu orang wasit, Singapura bawa satu orang wasit, masing-masing negara membawa satu wasit nanti sampai di sini dikolaborasi,” ujarnya.
“Kita setelah rapat kemarin, tinggal mau menyurat ke Asprov permintaan wasit, sementara proses suratnya, ini event Kemenpora tapi koordinasi tetap ke PSSI untuk wasit,” tambahnya.

Rencananya, tim dari masing-masing peserta akan mulai berdatangan ke Kota Balikpapan pada 13 November bulan depan. Karena Asian School Football Championship U-18 akan mulai digelar 15-25 November 2019.

“Tim Indonesia perkiraannya tanggal 9 November sudah di sini (Balikpapan), China tanggal 13 November dan tim lainnya,” ujarnya. (ajtr/eny)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*