Kenalkan Bahaya Tersengat Listrik, PLN UPDK Balikpapan Edukasi ke Dua Sekolah Dasar

Murid SDN 013 PPU antusias menyimak pemaparan dari tim produksi PLN UPDK Balikpapan. (istimewa)

Balikpapan, DiswayKaltim.com – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (UPDK) Balikpapan mengedukasi ratusan murid. Tentang bahaya listrik.

Dua sekolah disasar. Yakni SDIT Insan Mulia Balikpapan dan SDN 013 Penajam Paser Utara (PPU).

“Listrik merupakan sarana yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Namun jika salah dalam penggunaan, listrik bisa menjadi petaka untuk orang di sekitarnya,” jelas Manager Bagian Keuangan SDM dan Administrasi PT PLN UPDK Balikpapan, Dana Puspita Sari.

Bahaya terkait listrik perlu diajarkan sejak dini. Termasuk area yang memiliki potensi tersengat listrik.

Tak hanya anak-anak. Orang dewasa pun juga perlu diedukasi. Ada yang tidak sadarkan diri bahkan berujung maut.

Karena itu tim ahli bidang energi statis bertegangan tinggi juga memberikan tips. Terkait tata cara penggunaan listrik yang bijak dan benar.

“Kehadiran energi listrik itu sangat dekat dengan kehidupan manusia. Sehingga pengetahuannya harus ditanamkan di bangku sekolah sejak dini,” ujar Dana Puspita.

Tim juga memberikan pengetahuan proses produksi listrik. Mulai dari pembangkitan sampai bisa dinikmati di rumah pelanggan.

Edukasi yang diberikan PLN kepada murid SD disampaikan secara menarik. Peserta nampak antusias. Diantaranya penayangan gambar kartun.

Murid SDIT Insan berfose bersama manajemen di depan bangunan PLTD Batakan PLN UPDK Balikpapan.

“Kami harapkan anak Indonesia terus tumbuh menjadi generasi yang berakhlak dan berprestasi. Kegiatan kali ini harapannya anak-anak dapat menggunakan listrik dengan bijak.

Juga peduli akan keselamatan terhadap bahaya listrik. Jika ada gangguan listrik di rumah cukup dengan telepon ke contact center PLN 123 ya,” ajak Dana Puspita

Kepala SDIT Insan Mulia Balikpapan, Ima Wigih Kiswahyu juga mengapresiasi aksi PLN UPDK Balikpapan ini.

Diakuinya meski peragaan sederhana namun manfaatnya cukup besar. Intinya para anak didiknya paham mengenai proses listrik hingga dapat digunakan di rumah.

“Kami sangat berterima kasih kepada tim PLN UPDK Balikpapan. Sudah memberikan wawasan tentang bahaya listrik ke murid kami.

Penyampaian pesan melalui gambar kartun yang menarik menjadi bagian paling penting. Agar anak-anak mudah memahami materi yang PLN berikan. Tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi pengingat orang tua di rumah akan bahaya listrik yang terjadi,” ujar Ima.(adv/ion/boy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*