Motor Viral Anti Hujan Hadir di Samarinda, Unit Masih Terbatas

New Balis Selis baru dijual dua unit untuk uji coba pasar. Penjualan massal baru tahun depan. (Mubin/DiswayKaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Namanya New Balis atau Bajai Selis. Alias motor listrik beroda tiga. Beratap pula. Keberadaanya sempat viral. Saat salah satu pengendara tertangkap kamera mengendarai. Wajar. Di Samarinda baru kali ini diperjualbelikan.

Bentuknya menyerupai bajaj. Namun tampilan luarnya didesain lebih modern dan futuristik. New Balis ini dibuat perusahaan Selis atau sepeda listrik. Karya anak negeri. Sebenarnya bukan produk lama. Kendaraan ini mulai tenar sekitar awal 2018 lalu.

Tapi, Sabtu (30/11/2019) lalu, keberadaannya membuat dunia maya heboh. Kendaraan ini dijual di salah satu show room di Jalan Biawan, Samarinda Ilir.

Tim Disway Kaltim langsung mendatangi lokasi penjualan. Dua Balis Selis hitam terparkir. Pemilik Dealer Sales Mahakam sudah menanti. Muhammad Zainuri namanya.

Ia mengaku selis memang pertama kali di Samarinda. Saat ini ia masih melakukan uji coba. Penjualan secara massal baru dilakukan tahun depan.

“Kami dealer pertama di Kaltim. Awal tahun depan ada di Balikpapan. Sekarang kami coba di Samarinda dulu,” ungkap Zainuri kepada Disway Kaltim, Minggu (1/11/2019) siang.

Ia menjual seharga Rp 48 juta. Masih dijual kes. Belum bisa kredit. Pasalnya, Zainuri belum bekerja sama dengan pihak finance. Untuk mengatur transaksi kredit terhadap selis.

“Tetapi sudah banyak orang yang tanya. Minta kredit. Kita bilang belum bisa. Ini baru uji coba. Secepatnya kita upayakan bisa kredit,” katanya.

New Balis sendiri memiliki kecepatan 50 kilometer per jam. Baterainya dapat diisi selama enam jam. Dengan daya baterai 60 volt. Bisa digunakan selama dua tahun.

Bobotnya 380 kilogram.  Dengan kapasitas penumpang tiga orang.

Bagian interior menyerupai bajaj. Sehingga masih sangat sederhana. Ada dua seat tempat duduk. Satu  untuk driver, dua lainnya khusus penumpang.

Di bagian kiri atas terdapat kipas angin. Bahkan di kaca depan terdapat wiper. Berfungsi untuk membersihkan kaca.

Pengoperasiannya menyerupai mobil matic. Ada tombol gigi khusus. Yaitu maju atau driver (D), netral (N) dan mundur atau reverse (R). Setelah itu tinggal tancap gas.  Sayangnya tidak ada seat belt atau sabuk pengaman.

Selis sendiri dirakit di Serang, Banten. Kendaraan ini dapat menaiki tanjakan terkenal di Samarinda. Gunung Manggah. Zainuri sudah mencobanya. Tidak ada kendala.

New Balis ini dilengkapi dengan handle atau tuas. Berada di sebelah kanan seat driver. Saat hendak menanjak, tuas ditarik. Ketika jalan normal, tinggal diturunkan, kembali ke posisi semula.

“Itu bisa difungsikan kalau naik di tanjakan. Tapi kalau jalan biasa, enggak perlu pakai handle. Langsung jalan aja seperti biasa,” jelasnya.

New Balis keluaran Tiongkok memiliki tiga roda. Satu di bagian depan. Dua di bagian belakang. Remnya semua cakram. Roda depan dan dua di belakang. Lampunya sein menggunakan jenis LED. Sehingga lebih modern.

Zainuri menambahkan New Balis yang dijualnya belum diuji coba saat banjir. Sedangkan sepeda listrik telah teruji.

“Selisnya belum tau. Kita tanyakan dulu. Sepeda saja tahan banjir. Kita yakin selis juga tahan banjir. Ini belum kita tanyakan di pabriknya,” imbuhnya.

Jika baterai rusak jangan khawatir. Bisa diganti. Asal rutin dipakai. Adapun spare part, Zainuri juga menyediakan. (qn/boy)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*