Sampaikan Aspirasi DOB BPS ke DPR RI

Jasmine Hambali

TANJUNG REDEB, DISWAY – Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Berau Pesisir Selatan (BPS), terus didorong Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, khususnya daerah pilih (Dapil) III yang meliputi Kecamatan Biatan, Talisayan, Batu Putih, Bidukbiduk, Pulau Derawan dan Maratua.

Anggota DPRD Berau, Jasmine Hambali mengatakan, pihaknya komitmen mendorong terealisasinya DOB BPS dalam rangka percepatan dan pemerataan ekonomi dan pembangunan daerah. Apalagi, ini merupakan aspirasi masyarakat pesisir sejak lama.

“Kami komitmen dan konsen agar pemekaran DOB segera diwujudkan pemerintah pusat,” katanya kepada Disway Berau, belum lama ini.
Bahkan, saat hearing dengan Komisi II DPR RI, Jumat (29/11) lalu, Jasmine menyampaikan aspirasi dan harapan masyarakat yang menginginkan pemekaran segera dilaksanakan.

Penyampaian itu mendapatkan lampu hijau dari Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Dolly Kurnia. Pengajuan itu akan menjadi prioritas dan mendorong Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka atau mencabut moratorium pemekaran.

“Apalagi semua persyaratan pemekaran telah terpenuhi. Jadi tidak ada alasan untuk tidak dimekarkan,” tegasnya.

Sementara, Anggota DPRD Berau, Abdul Waris mengutarakan hal serupa. Dia mengatakan, pemekaran DOB BPS sudah masuk dalam draf rancangan undang-undang. Apabila pemerintah melakukan pemekaran, Berau akan menjadi daerah prioritas.

“Itu komitmen Komisi II DPR RI. Mereka akan mendorong percepatan pemekaran DOB BPS,” terangnya.

Sebab, Berau menjadi kabupaten/kota di Kaltim yang belum pernah dilakukan pemekaran. Dari sisi ekonomi, sektor perikanan dan kelautan, pariwisata serta pertanian dalam arti luas, menjadi pendukung pendapatan daerah untuk pembiayaan pembangunan DOB nantinya.

“Jadi banyak aspek pendukung. Dan saya nilai BPS ini sangat layak untuk dimekarkan,” sebutnya.

Saat ini, beber Waris, proses pemekaran masih digodok di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kita tunggu komitmen Jokowi, jika Papua dilakukan pemekaran, Berau juga dimekarkan,” tandasnya.(*/jun/app)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*