Disdikbud Terapkan Pembelajaran Era Digital: Siswa Tak Perlu Bawa Buku, Cukup Tablet

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan akan menerapkan pembelajaran era digital. Bentuknya, siswa tak perlu lagi membawa buku ke sekolah. Cukup membawa gadget, berjenis tablet.

Materi mata pelajaran tak perlu lagi membawa buku. Melainkan didownload.

“Pembelajaran digital, enggak lagi bawa buku. Semua diminta bawa gadget. Semua program-program (materi) itu didownload. Ada di website ruangguru.com, Rumah Belajar. Ini sebetulnya program menteri lama,” kata Kepala Disdikbud Balikpapan, Muhaimin kepada Disway Kaltim, Selasa (3/11/2019).

Program ini bagian dari upaya menuju smart school. “Kalau kota, smart city. Kalau sekolah, kita smart school. Pembelajaran era digital,” imbuhnya.

Dengan konsep itu, siswa tak perlu bawa buku. Ke sekolah. Cukup membawa gadget.

“Makanya kita mulai dari SMP. Program ini. Kita akan mulai stop pengadaan komputer. Tapi pengadaan tablet. Tablet akan dipinjamkan ke siswa. Setelah lulus baru dikembalikan,” beber Muhaimin.

Rencananya, di tahun 2020 Disdikbud Balikpapan mulai pengadaan tablet. Anggaran untuk pengadaan komputer, akan digeser untuk pengadaan tablet.

“Tahun 2020 ada Rp 4 miliar pengadaan komputer. Kalau disetujui tim anggaran kita coba adakan pergeseran ke pengadaan gadget. Kalaupun disetujui,” terangnya. (sah/dah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*