1.000 Sertifikat PTSL Dibagikan, 2024 Ditargetkan Rampung Semua

Edi Damansyah membagikan sertifikat PTSL secara simbolis kepada warga. (Rafii/DiswayKaltim)

Kukar, DiswayKaltim.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kukar membagikan 1.000 sertifikat Pendaftaran Tanah Sertifikasi Lengkap (PTSL). Sertifikat dibagikan kepada warga di sembilan desa di empat kecamatan.

Diantaranua Kecamatan Loa kulu. Terdiri dari Desa Loh Sumber, Desa Sepakat. Kecamatan Muara Kaman meliputi Desa Muara Kaman Ilir, Desa Muara Siran, Desa Benua Puhun.

Kecamatan Tenggarong Seberang yakni Desa Perjiwa, Desa Loa Ulung, Desa Loa Pari. Terakhir Kecamatan Muara Badak yakni Desa Tanah Datar.

Bupati Kukar Edi Damansyah menjelaskan sertifikat PTSL sangat besar pengaruhnya.

Apalagi jika lokasinya berdekatan dengan lokasi IKN baru. Sehingga program ini memberikan kepastian hukum pada pemiliknya.

Untuk tahun depan, Kukar menargetkan penyelesaian sertifikat PTSL sebanyak 60.000 sertifikat.

“Saya memastikan bisa rampung,” ucap Edi pada Disway Kaltim, Rabu (4/12/2019).

Edi melanjutkan dengan diberikannya hak kepemilikan tanah berupa sertifikat. Diharapkan masyarakat bisa menjalankan kewajibannya dalam bentuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Kepala Kantor Pertanahan Kukar Herman Hidayat menyebutkan untuk 2019 telah merealisasikan sekitar 9.400 sertifikat PTSL dari target 10.000 sertifikat PTSL.

Ia menargetkan tahun 2024 seluruh masyarakat Kukar telah memiliki sertifikat PTSL.

“Dengan adanya sertifikat ini bisa digunakan untuk kesejahteraan masyarakat, dan digunakan untuk menunjang usaha produktif,” kata Herman. (mrf/boy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*