Buat KK Bisa Daftar dan Cetak Sendiri

Sekkab M Ghazali saat mencoba mencetak kartu keluarga melalui mesin ADM karya Disdukcapil Berau.(ZUHRIE)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Berau, kembali melakukan terobosan dengan meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang terkoneksi dengan aplikasi berbasis android Call Sistem SIAK, dalam mendukung Disdukcapil Go Digital.

Ini merupakan salah satu upaya dukungan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang telah di-launching Oktober lalu.

Kepala Disdukcapil Berau, David Pamudji mengaku akan terus melakukan terobosan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Dengan hadirnya sistem ini, merupakan implementasi dari empat unsur mulai dari pentingnya kesadaran dokumen kependudukan, pemanfaatan data kependudukan, pemuktahiran data kependudukan dan kesadaran akan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan masyarakat.

“Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan dengan slogan kami Bisa, Berkarya, Inovasi, Inisiatif, Sabar dan Semangat serta, Adaptif dan Amanah,” ungkapnya.
Lanjutnya, Disdukcapil berupaya memberikan kualitas layanan yang membuat masyarakat bahagia. Selain penyediaan bangunan, sarana prasarana dan sumber daya manusia yang refresentatif. Pengembangan dan pemanfaatan informati teknologi (IT) berbasis online SIAK dan peningkatan kerja sama pemberdayaan dan pemanfaatan data juga terus dimaksimalkan.

Hadirnya ADM yang diluncurkan Disdukcapil, disampaikan David, merupakan hasil karya sendiri dari jajaran Disdukcapil Kabupaten Berau. Berbahan kayu yang termotivasi dari launching mesin ADM oleh Kementerian Dalam Negeri pada akhir November lalu.

“Sekarang baru satu unit, tapi nanti kami akan menambah ADM untuk semakin memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.
Labih lanjut, David menyampaikan melalui ADM ini nantinya masyarakat Berau dapat melakukan pencetakan Kartu Keluarga (KK) secara mandiri, lewat sistem yang berbasis Android.

Namun, sebelumnya warga harus mendaftar melalui sistem SIAK Android masing-masing. Selanjutnya, setelah mendaftar dan lengkap, pendaftar bisa melakukan scan barcode dengan mesin ADM untuk dapat mencetak KK secara mandiri di Kantor Disdukcapil.

“Ini akan memudahkan warga, agar tidak perlu antre lagi seperti saat ini. Jadi warga daftar melalui sistem bisa di mana aja, terus nanti scan barcode id di Android ke mesin ADM, maka kartu keluarga akan otomatis tercetak,” urainya.

“Pelayanan ini sebagai jawaban atas perkembangan zaman saat ini,” sambungnya.
Sementara, Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali memberikan apresiasi kepada jajaran Disdukcapil Berau, yang terus melakukan terobosan dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ia menyebut, sebagai pelayan masyarakat, seluruh Aparatur Sipil Negara, ditegaskan Ghazali, harus bisa membuat masyarakat bahagia dengan pelayanan yang diberikan. Bahkan selalu ingin datang kembali untuk mendapat pelayanan, karena ramahnya pelayanan yang diberikan.

“Kami harus terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, dengan penuh semangat,” tutupnya.(*/zuh/app)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*