Komisi V DPR RI Kunker ke Kaltim, Koordinasi Bahas Pembangunan IKN

Komisi V DPR RI bersama Gubernur Kaltim Isran Noor serta instansi terkait tupoksi kerja Komisi V, yaitu perhubungan dan infrastruktur di Hotel Grand Tjokro Balikpapan. (Ariyansah/Disway Kaltim)

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kalimantan Timur, Rabu (4/12/2019).

Ini dalam rangka melakukan peninjauan langsung terhadap infrastruktur penunjang rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Beberapa infrastruktur yang jadi sasaran peninjauan; pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda. Kemudian pembangunan jembatan di Pulau Balang.

“Meninjau tol. Koordinasi dengan pemprov, pemda se-Kaltim terkait persiapan, kesiapan pembangunan IKN. Hari ini baru tol yang kita tinjau tadi,” kata Lasarus, ketua Komisi V DPR RI sekaligus pimpinan rombongan kunker tersebut.

Koordinasi dilakukan untuk mengetahui apa saja yang perlu disiapkan, dalam rangka rencana pemindahan dan pembangunan IKN. Karena dalam pembangunan IKN nantinya, lanjut Lasarus, ada yang menjadi kewenangan pemerintah pusat. Ada juga kewenangan pemerintah daerah.

“Membangun IKN perlu koordinasi. Karena kan ada kewenangan pusat ada daerah. Pembangunan IKN kan pakai APBN. Nah APBN-nya ini yang perlu kita tahu apa saja yang harus kita bantu dengan APBN,” katanya.

Kedatangan rombongan Komisi V DPR RI ini disambut Gubernur Kaltim Isran Noor di Hotel Grand Tjokro Balikpapan. Hadir pula Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan beberapa instansi berkaitan dengan tupoksi kerja komisi V tersebut. Yaitu perhubungan dan infrastruktur. (sah/eny)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*