Dishub Uji Coba Tutup Sebagian Pertigaan Jl Indrakilla-MT Haryono

Pertigaan Jl Indrakilla-MT Haryono Yang Ditutup Setengah Dengan Blok Beton.
=============

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan telah melakukan rekayasa lalu lintas yang berada di pertigaan Jalan MT Haryono dan Jalan Indrakilla. Hal ini dilakukan guna meminimalisasi angka kecelakaan yang terjadi di pertigaan ini.

Kepala Dishub Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengatakan, sejak hari Kamis (5/12/2019) pertigaan tersebut telah dipasang blok beton untuk menutup jalur dari arah pasar buton menuju Jalan Indrakilla.

“Kemaren kan salah opsinya ini, jadi kita terapkan sekarang. Tujuannya ya untuk menekan kecelakaan di simpang itu,” ujar Kadishub Kota Balikpapan, Kamis (5/12/2019).

Lanjut Dirman, sebelum dilakukan penutupan sebagian ruas jalan ini, pihak terkait saat rapat bersama menemukan tiga pilihan. Yaitu menutup sebagian seperti saat ini, mengalihkan jalur dari Jalan Indrakilla melalui terminal batu ampar, kemudian masuk lewat pertigaan kilometer 5. Dan pilihan terakhir adalah menutup pertigaan tersebut.

“Ini kita lakukan opsi pertama dulu. Jika masih ada kecelakaan bisa saja kita lakukan opsi kedua. Tapi jika masih juga, mau enggak mau ya tutup itu pertigaan,” jelasnya.

Ditutupnya sebagian pertigaan ini dilakukan selama kurun waktu 30 hari. Nantinya setelah waktu tersebut jatuh tempo maka pihak terkait seperti Dishub, Satlantas, Ditlantas, BPJN dan BPTD kembali akan melakukan pembahasan terkait simpang yang disebut salah satu titik “cilukba” ini.

“Kita uji coba dulu itu 30 hari. Nanti kita evaluasi apa hasilnya,” ujarnya.

Dirman berharap dengan adanya rekayasa lalu lintas ini, kemacetan dilokasi ini bisa berkurang. Terlebih kecelakaan bisa tidak terjadi lagi.

“Harapan kita pasti menekan macetnya dulu. Kalau macet hilang kan otomatis kecelakaan bisa hilang juga,” tegasnya.

Seperti diketahui, kini pengendara jalan dari arah Pasar Buton kini tidak bisa lagi langsung masuk ke Jalan Indrakilla, pengendara harus memutarnya lebih dulu ke depan Tumaritis atau Indomaret di bawah RSKD. (bom/dah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*