Terdengar Ledakan, Kabel Trafo Terbakar

Petugas PLN melakukan perbaikan pada trafo yang sempat terbakar di Jalan Raja Alam, Rabu (4/12).(HENDRA)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Masyarakat di Jalan Raja Alam, dihebohkan dengan ledakan yang disertai api di salah satu trafo milik PT. PLN, Rabu (4/12).
Disampaikan pedagang di sekitar lokasi, Tri (28), bahwa kejadian tersebut sekira pukul 17.00 Wita. Di mana, pada awalnya, ada suara seperti petasan-petasan yang kemudian terdengar beberapa kali ledakan keras.

Api lanjut dia, sempat terlihat menyala cukup lama membakar bagian trafo dan kabel yang ada di sekitarnya. Hanya saja, tidak diketahuinya penyebab hingga terjadi ledakan itu.

“Tidak tahu, tiba-tiba saja ada ledakan, dan saya langsung menjauh. Apalagi trafonya berada persis di atas saya berjualan,” ujarnya.

Lanjut Tri, sontak saja kejadian itu, membuat masyarakat yang berada di sekitar trafo berhamburan, karena khawatir terkena dampak dari ledakan. Bahkan, peristiwa tersebut juga mengundang perhatian pengendara yang melintas.

“Ada juga warga yang tadinya berada di sekitar trafo juga menjauh karena percikan api sempat berjatuhan ke bawah,” jelasnya.

Rusdi (34) warga lainnya juga mengungkapkan senada. Menurutnya kejadian itu baru sekali terjadi di Jalan Raja ALam, dan membuat masyarakat sedikit cemas. Pasalnya, ia khawatir ledakan berdampak pada tegangan tinggi ke rumah yang ada di sekitarnya.

“Khawatir takut kena dampaknya, makanya langsung saya matikan listrik di rumah,” terangnya.
Supervisor Operasi PLN, Erlangga, saat berada di lokasi mengatakan, masih belum mengetahui kerusakan tersebut. Namun Dia menduga, ledakan tersebut berasal dari trafo.

“Kami harus bawa turun dulu, nanti baru diketahui apa penyebabnya,” ungkapnya.

Disebutkan Erlangga, ada beberapa penyebab yang memungkikan terjadinya trafo terbakar dan meledak. Mulai gangguan teknis, hingga faktor alam. Meski begitu, pihaknya menjamin, ledakan itu tidak berdampak pada jaringan ke rumah-rumah yang ada di sekitar lokasi. Sebab menurutnya, ketika terjadi ledakan maka secara otomatis listrik akan padam

“Bisa karena tegangan tinggi, tersambar petir, atau usia trafonya sudah tua. Tapi itu juga sudah ada pengamannya, kalau terbakar secara otomatis listriknya akan terputus sendiri,” terangnya.

Akibat dampak dari ledakan itu, pihaknya harus mematikan aliran listrik di sekitar Jalan Raja Alam saat dilakukan perbaikan.

Ketika ditanya apakah sering terjadi di wilayah Raja Alam dan sekitarnya, pihaknya mengklaim, baru terjadi.

“Tidak lama, setelah kami tahu apa yang rusak langsung kami ganti, dan pasang lagi. Malam ini sudah normal lagi listriknya (Kemarin). Memang kejadian seperti ini sangat jarang sekali,” pungkasnya. (*ZZA/APP)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*