Disulap Jadi RS Swasta

Hotel Cantika Swara yang sudah lama mangkrak, rencananya akan dijadikan rumah sakit tipe C. (INT)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Eks Hotel Cantika Swara di Jalan Gunung Panjang, dilirik oleh investor kesehatan Metropolitan Medical Centre (MMC), untuk dijadikan rumah sakit swasta.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (DPMPSP) Berau, Syamsul Abidin. Dia mengatakan, MMC telah melakukan proses perizinan mendirikan rumah sakit swasta di eks Hotel Cantika Swara.

“Benar, mereka meminta arahan perihal rencananya tersebut,” katanya kepada Disway Berau saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Jumat (6/12).
Karena sistem perizinan rumah sakit kini melalui Online single Submission (OSS). Abidin meminta, pihak MMC terlebih dulu mendaftarkan untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Pasalnya, MMC telah memiliki dua rumah sakit di Indonesia.

“Apakah rencana rumah sakit di Berau menggunakan manajemen baru atau bagian dari induk (Jakarta), berarti ini namanya pengembangan usaha,” terangnya.
Kendati MMC telah memiliki NIB, katanya, belum berjalan efektif dan harus kembali ke daerah untuk membuat komitmen. Komitmen dalam artian, harus mengubah status Izin Mendirikan Bagunan (IMB) dan melakukan pengkajian lingkungan dari hotel menjadi rumah sakit.

Setelah semua telah dilaksanakan, baru mendapatkan izin operasional rumah sakit. Prosedur itu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24/2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

“Jika komitmen sudah terpenuhi, baru bisa mengajukan izin rumah sakit,” jelasnya.

Lanjutnya, banyak rumah sakit swasta yang ingin menjamah di Bumi Batiwakkal. Tetapi, berdasarkan kaca mata pribadinya MMC memiliki keseriusan tinggi untuk memberikan pelayanan kesehatan di Berau.

Keberadaan rumah sakit swasta, juga akan memacu motivasi dan persaingan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Rivai Tanjung Redeb.

“Kita sambut selama mereka memenuhi mekanisme dan persyaratan perizinan. Semakin banyak rumah sakit, semakin bagus. Dengan catatan untuk masyarakat Berau,” ujarnya.

Meski berstatus rumah sakit swasta, MMC berkomitmen akan melayani masyarakat peserta Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Bahkan, Abidin membeberkan, MMC berencana mendirikan Rumah Sakit Umum (RSU) tipe C.

“Kita beruntung. RSU MMC hanya ada tiga di Indonesia. Selain Berau, baru ada di Samarinda dan Jakarta,” imbuhnya.
Untuk lebih spesifikasinya, Abidin masih menunggu profil dan proposal pembangunan rumah sakit. Yang jelas informasinya, MMC telah melakukan pengambilalihan aset ke BPD Kaltimtara.

“Sementara itu saja yang dapat saya sampaikan, kami juga masih menunggu tindak lanjut dari pihak MMC,” tandasnya.(*/jun/app)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*