Baharuddin Heran Perusda Tak Setor PAD

Baharuddin Demmu. (Istimewa)

Samarinda, DiswayKatim.com – Biro Ekonomi Pemprov Kaltim belum menjawab detail data tentang Perusahaan Daerah (Perusda) di Bumi Etam. Hal itu terungkap dalam pertemuan Biro Ekonomi dengan Komisi II DPRD Kaltim belum lama ini.

Komisi II akan memanggil direksi delapan Perusda milik Pemprov Kaltim. Tujuannya untuk menanyakan susunn direksi, modal yang dikelola dari APBD Kaltim, Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan deviden yang disetorkan ke pemerintah.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim Baharuddin Demmu mengatakan itu. Pemanggilan ini juga bertujuan menggali target pendapatan yang ditargetkan pemerintah terhadap seluruh Perusda.

“Sesuai enggak dengan duit yang sudah disertakan yang begitu banyak itu? Kalau misalnya Perusda itu ditarget Rp 10 miliar, tetapi PAD-nya hanya Rp 10 juta, kan enggak masuk akal,” tegasnya.

Ia mencontohkan Perusda MBS. Pemprov Kaltim telah menyertakan modal Rp 1,2 triliun.

Sementara setoran kepada pendapatan daerah hanya berkisar Rp 2 miliar hingga Rp 3 miliar per tahun.

“Malah banyak yang kosong kontribusinya ke daerah. Sudah ditarget, tetapi di data itu kosong. Itu pertanyaan besar juga bagi kita. Dikasih duit. Tapi kok kosong realisasinya,” sesal Baharuddin.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) mencontohkan PT Agro Kaltim Utama (AKU). Sejak 2015, Perusda ini tidak pernah melaporkan penggunaan uangnya ke Pemprov Kaltim.

Staf Komisi II pernah mengundang Perusda tersebut. Namun alamat perusahaan itu tak ditemukan. Setelah hilir mudik dicari, tidak ditemukan kantor yang tertera dalam alamat.

“Ini tetap kita akan memanggilnya. Mudah-mudahan bisa ketemu. Kalau tidak, nanti kita minta Biro Ekonomi memaparkan terkait PT AKU ini. Karena Biro Ekonomi itu pembina Perusda,” tegasnya. (adv/qn)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*