Borneo FC Keok di Laga Kandang Terakhir Lawan Persib

Tensi panas kerap membuat pertandingan dihentikan wasit. (Tebe/Disway Kaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Borneo FC memiliki misi ganda pada pertandingan pekan ke-32 di Stadion Segiri Samarinda, Rabu (11-12-2019). Selain mengincar kemenangan guna mempertahankan peringkat kedua, juga untuk menyenangkan suporter mereka mengingat ini adalah laga kandang terakhir.

Sayang Ghozali menjadi pemupus harapan Borneo berkat satu-satunya gol di laga ini. Atas kemenangan ini Persib naik 4 strip ke posisi ke-6. Sementara Borneo masih bertahan di posisi kedua.

Babak I

Bermain di hadapan pendukung sendiri tak lantas membuat Borneo langsung tancap gas di awal laga. Justru Persib yang pertama mendapatkan peluang. Keteledoran lini belakang Borneo membuat Ezechiel berhadapan 1 lawan 1 dengan Gianluca. Kontak fisik terjadi dengan Ezechiel berhasil melewati sang kiper. Nahas, saat tinggal berhadapan dengan gawang kosong, striker Persib tak mampu menyelesaikan dengan baik dan hanya menjadi tendangan gawang bagi Borneo.

Di menit ke-6 Ambrizal berhasil melakukan tusukan dari sisi kiri. Sayang umpan lambungnya tak ada yang menyambut.

Menit ke-10, kemelut terjadi di depan gawang Persib. Renan terjatuh dan langsung menangkap bola mengira pelanggaran di kotak penalti. Namun wasit memutuskan handsball.

Setelahnya permainan cenderung datar dengan kedua tim silih berganti menyerang melalui sisi sayap. Tapi baik Persib dan Borneo tak ada yang mampu menciptakan peluang berbahaya.

Situasi berbahaya baru hadir menit ke-20 saat Kuipers lolos dari penjagaan bek Borneo saat tendangan bebas. Namun sontekan bek bernomor punggung 2 masih melebar.

Menit ke-24 kontak fisik terjadi antara Conti dan beberapa pemain Persib di area sekitaran kotak 12. Wasit memberi tendangan bebas bagi Borneo. Renan yang mengambil tendangan dari posisi ideal menyia-nyiakan peluang dengan tendangannya melambung tinggi di atas gawang Made Wirawan.

Menit ke-29 giliran Persib mendapat tendangan bebas. Nazari langsung mengarahkan tendangan ke gawang dengan keras. Beruntung bagi Borneo, Gianluca berhasil menepis dengan sempurna.

Menit ke-34 Made Wirawan dipaksa menepis bola liar yang mengarah ke sudut gawangnya. Tendangan penjuru bagi Borneo yang akhirnya tersia-siakan karena tak menghasilkan peluang lanjutan.

Tiga menit berselang, Renan melepas tendangan spekulasi dari jarak 20 meter. Tapi tendangannya terlalu lemah sehingga mudah bagi Made Wirawan untuk menjinakkan. Petaka bagi Borneo karena setelah tendangan itu, Renan harus mendapat perawatan medis di luar lapangan. Praktis Borneo harus bermain dengan 10 orang untuk beberapa saat.

Menit ke-40 suporter tuan rumah terhenyak saat Gozali membuat tendangan spekulasi yang tak terlalu keras. Bola membentur pemain belakang Borneo sehingga berbelok dan tak mampu dijangkau Gianluca. 1-0 buat tim tamu.

Bukannya bangkit pasca tertinggal, pemain Borneo malah seperti kehilangan konsentrasi. Beberapa kali salah passing dilakukan di area pertahanan sendiri.

Jelang bubaran, Ambrizal sempat membuat Made Wirawan bekerja keras saat tendangannya meleset tipis dari gawang.

Babak II

Borneo langsung aktif menyerang di awal babak kedua. Sementara Persib bersikap pasif sembari menunggu celah serangan balik.

Peluang pertama hadir dimenit ke-50. Renan memiliki peluang untuk melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Namun tendangannya membentur pemain Persib dan hanya berbuah tendangan penjuru.

Menit ke-52 Borneo melakukan pergantian pemain. Sultan Samma masuk menggantikan Hamisi.

Masuknya Samma sedikit memberi dimensi baru bagi Permainan Borneo yang sedari awal lebih banyak memainkan bola dari sisi sayap.

Menit ke-57 Conti mendapat umpan terobosan yang diteruskan dengan tendangan keras ke arah gawang. Made Wirawan masih sigap hingga bola memantul dan menjadi kemelut. Tapi Made bangkit dan berhasil mengamankan gawangnya.

Enam menit berselang, Terens mendapat peluang pertamanya di laga ini. Sayang tendangannya masih melebar.

Menit ke-67 Lerby Eliandry masuk menggantikan Umai yang mengalami gangguan pada kakinya.

Lima menit berselang, Persib melakukan pergantian pada Butuan yang diganti Abdul Aziz.

Tensi pertandingan di babak kedua sangat tinggi hingga beberapa kali wasit harus menghentikan permainan lantaran pemain bertumbangan.

Di 20 menit akhir permainan, Persib menerapkan permainan ultra defensive yang menyulitkan Borneo menyamakan kedudukan.

Menit ke-80 Borneo kembali membongkar pemain. Conti digantikan M. Sihran.

Sisa waktu yang tak banyak membuat Borneo begitu bernafsu memborbardir gawang Made Wirawan. Tapi lagi dan lagi, tak ada satu pun gol yang tercipta.

Persib melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Ramdani menggantikan Siregar.

Menit ke-86 Lerby mendapat peluang emas. Namun sundulannya masih melebar.

Semenit berselang giliran Samma yang membuang peluang emas. Tendangan kerasnya di dalam kotak penalti belum menemui sasaran.

Wasit Dwi Purba memberi tambahan waktu 5 menit mengingat banyaknya friksi sepanjang babak kedua.

Tak ada tambahan gol yang artinya Borneo keok di laga kandang terakhirnya. (ava/eny)

Susunan Pemain:

Borneo FC
Gianluca, Diego Michiels, Javlon, Alsina, Ikhsan, Nurdiansyah, Umanailo, Renan, Terens, Hamisi, Conti

Persib
Made Wirawan, Idrus, Mustafa, Kuipers, Nazari, D. Kusnandar, Vizcarra, Ghozali, Zalnando, Ezechiel, L. Butuan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*