Komisi III DPRD Soroti Pembangunan Tempat Penjernihan Air PDAM yang Tak Kunjung Rampung

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Komisi III DPRD Balikpapan menggelar inspeksi mendadak (sidak), Rabu (11/12/2019) sore. Kali ini, sasarannya gedung milik PDAM Balikpapan yang mangkrak pembangunannya.

Lokasinya berada di kawasan Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Km 8, Balikpapan Utara. Rombongan sidak, dipimpin Alwi Al Qadri, ketua Komisi III DPRD Balikpapan.

“Kami dapat informasi dari masyarakat. Bahwa ada pembangunan gedung yang enggak kelar-kelar di sini. Padahal telah dibangun sejak 2017,” kata Alwi di lokasi sasaran sidak itu.

Dari informasi yang diterima, gedung yang mangkrak pembangunannya tersebut, nantinya berfungsi sebagai tempat pengolahan bahan kimia untuk penjernihan air PDAM. Dibangun mulai tahun 2017, hingga kini belum selesai alias belum dapat difungsikan.

“Yang saya dapat infonya, anggaran untuk pembangunan gedung ini antara Rp 16 miliar sampai Rp 17 miliar. Tapi bangunannya belum selesai. Kalau sudah dianggarkan, selesaikanlah sampai tuntas,” katanya.

Proyek tersebut, berada di bawah kewenangan Direktur Teknis PDAM Balikpapan, Arif. Namun saat sidak tersebut, Arif tak dapat hadir saat diminta datang ke lokasi bangunan itu.

Komunikasi hanya dilakukan Alwi dengan Arif, melalui telepon genggam.

“Kalau informasi dari Pak Arif, kontraktornya enggak bertanggung jawab. Kita tidak tahu persis seperti apa masalahnya ini. Kita juga tidak tahu berapa anggaran yang sudah terpakai. Siapa kontraktornya? Kemudian kok mangkrak begini. Dari sidak ini, kita jadwalkan tanggal 23 Desember RDP dengan pihak PDAM,” tegasnya.

Perwakilan pejabat PDAM Balikpapan yang hadir saat rombongan anggota dewan itu datang ke lokasi pembangunan, hanya satu orang. Yaitu Dedi Hermawan, kepala Sub Instalasi Pengolahan Unit 2 IPAM KM 8.

“Saya baru 6 bulan bertugas di sini. Dan sejak saya bertugas di IPAM ini, memang gedung ini sudah begini. Tidak ada aktivitas pengerjaan. Terkait gedung ini saya tidak tahu persis. Karena kita kan tugas masing-masing. Kalau sudah diserahkan (pembangunan gedung selesai), baru operasinya ke saya,” katanya.

Selain ke IPAM KM8 PDAM Balikpapan, sidak Komisi III juga dilakukan ke pembangunan gedung milik Inspektorat Kota Balikpapan di Jalan Ruhui Rahayu. Anggota Komisi III yang ikut agenda sidak di dua lokasi itu, Taufik Qul Rahman, Nelly Turuallo dan Amin Hidayat. (sah/dah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*