Lakukan Pengujian Dinamik, Jembatan Kutai Kartanegara Ditutup Sementara

Jembatan Kutai Kartanegara direncanakan tutup selama 2 hari untuk proses pengujian (Rafii/Disway Kaltim)

Pemeliharaan Rutin, Warga Jangan Panik

Kukar, DiswayKaltim.com – Pemda Kukar akan melakukan pengujian dinamik pada Jembatan Kutai Kartanegara. Pengujian akan berlangsung selama dua hari. Dari 14 hingga 15 Desember mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dinas PU Kukar Budi Harsono. Nantinya pada proses pengujian, jembatan akan ditutup sementara waktu.

“Ini kan sifatnya pemeliharaan rutin,” ucap Budi Harsono saat dikonfirmasi Disway Kaltim, Rabu (11/12/2019).

Berdasarkan surat edaran Dinas PU Kukar, awalnya jadwal penutupan Jembatan Kutai Kartanegara pada tanggal 14 Desember dilaksanakan pada pukul 23.00 – 23.30 malam. Dan tanggal 15 Desember pada pukul 08.15 – 09.40 pagi.

Namun kemungkinan jadwal akan diganti menjadi malam hari. Sekitar pukul 24.00. Guna menghindari mengganggu aktivitas warga yang melintasi Jembatan Kutai Kartanegara.

Kegiatan pengujian dinamik ini bukan tanpa alasan. Saat dikeluarkannya Sertifikat Laik Fungsi (SLF) oleh Menteri PUPR M Basuki Hadimuljono. Tiap tiga tahun sekali Jembatan Kutai Kartanegara harus melakukan pengujian dinamik. Dan tiap lima tahun sekali melakukan pengujian statis.

Budi kembali menambahkan, pada proses pengujian dinamik pada Jembatan Kutai Kartanegara. Dinas PU Kukar akan melibatkan pihak ketiga. Yakni selaku penyedia jasa konsultan dan tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

“Kita melibatkan pihak ketiga, karena kita kan gak punya alat (penguji) nya,” terang Budi.

Pengujian dinamik ini dilakukan untuk mengetahui sejauh kemampuan jembatan menerima beban, dan getaran yang timbul dari kendaraan yang melintasi jembatan.

Budi juga mengharapkan agar masyarakat tidak perlu panik maupun takut. Karena ini merupakan bagian dari pemeliharaan dan perawatan.

“Diharapkan jangan panik, ini pemeliharaan rutin saja,” pungkas Budi. (mrf/eny)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*