Tahun Depan, Dinas PU Kukar Mulai Bangun “Crossing” Saluran Tangani Banjir

Kadis PU Kukar M Yamin (net)
==========

 

Kukar, DiswayKaltim.com – Selain pemeliharaan jalan dan gedung pemerintahan, Dinas PU Kukar memasukkan pengendalian masalah banjir dalam rencana strategis (renstra) tahun 2020.

Memang untuk tahun ini, pengendalian banjir di Kukar masih berkutat di perbaikan saluran drainase dengan desain existing. Yakni dengan penggalian sedimen, pengerukan di bawah bangunan milik warga dan sebagainya.

Namun untuk tahun 2020, Dinas PU Kukar lebih mengarah pada kegiatan pembangunan struktur konstruksinya. Yakni membangun crossing-crossing saluran langsung ke Sungai Mahakam. Selain itu, crossing saluran yang kondisinya sudah lama, dimensinya akan diperbesar untuk memperlancar aliran air.

“Diperbesar sesuai dengan perhitungan kebutuhan desainnya,” ucap Kepala Dinas PU Kukar M Yamin pada Disway Kaltim.

Memang sempat ada wacana Pemda Kukar untuk membangun folder. Namun, Yamin menjelaskan belum ada ke arah sana. Lantaran beberapa alasan. Seperti terbentur dengan biaya pengadaan lahan dan biaya konstruksi yang cukup besar.

Yamin juga tidak membantah bahwa bangunan folder memang tepat untuk penanganan permasalahan banjir di Kukar. Karena folder sifatnya menampung air terlebih dahulu.

Dengan adanya folder juga bisa menekan air dan mendorong air ke sungai mahakam dengan cepat.

“Memang lebih tepatnya folder, ya mungkin jangka panjanglah saat keuangan daerah sudah sehat,” pungkas Yamin. (mrf/dah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*