Jembatan Kartanegara Dinyatakan Layak Fungsi

Kukar, DiswayKaltim.com – Dinas PU Kukar melakukan pengujian dinamik pada Jembatan Kartanegara. Pengujian yang dilakukan bersama tim Komisi Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) pada Ahad (15/12/2019).

Pengujian itu kali kedua. Setelah sebelumnya dilakukan pengujian pertama pada Sabtu (14/12/2019) malam tadi.

Pengujian dinamik yang berlangsung kurang lebih satu jam tepat di tengah jembatan. Dilakukan tes jumping dengan menggunakan mobil truck muatan 15 ton. Sebanyak empat kali. Dengan tinggi jumping sekitar 20 sentimeter.

Dari empat kali jumping. Hasil data yang didapatkan oleh tim KKJTJ, rata-rata penurunan frekuensi hentakan jembatan sekitar dua persen.

“Artinya jembatan ini dalam kondisi masih sangat layak untuk dipakai kalau dari respons (uji) dinamik,” ujar anggota tim KKJTJ, Jamasri pada Disway Kaltim, Ahad (15/12/2019).

Jamasri menjelaskan jika hasil yang didapatkan terjadi penurunan frekuensi 5 sampai 10 persen. Maka harus ada tindak lanjut yang diambil. Seperti pengecekan seluruh struktur jembatan. Selanjutnya diuji dinamik ulang hingga didapatkan frekuensi penurunan kurang dari 5 persen.

Dari hasil tes pengujian dinamik pagi tadi. Juga didapatkan hasil bahwa kekakuan Jembatan Kutai Kartanegara sangat baik dan bagus.

Sehingga tim KKJTJ merekomendasikan Dinas PU Kukar selaku pihak terkait untuk terus merawat dengan cara inspeksi. Lantaran jembatan yang memiliki struktur bentang panjang sangat sensitif.

“Oleh karena itu inspeksi yang bersifat terjadwal itu harus selalu dilakukan,” pungkasnya. (mrf/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*