Presiden Jokowi Akan Resmikan Jalan Tol dan TPA Manggar

Balikpapan, Diswaykaltim – Presiden Joko Widodo bakal datang ke Balikpapan pada Selasa (17/12/2019). Orang nomor satu di Indonesia ini dijadwalkan meresmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda dan juga Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, presiden dijadwalkan menghadiri sejumlah kegiatan di Balikpapan. Selain meresmikan jalan tol pertama di Kalimantan, presiden juga akan meresmikan TPA Manggar.

“Pak presiden akan bermalam di Balikpapan. Rabu meresmikan tempat pembuangan sampah. TPA Manggar kita adalah yang terbaik di Indonesia. Betapa hebatnya Presiden kita mau resmikan tempat sampah,” ujar Rizal, Minggu (15/12/2019).

Lanjut Rizal, produksi sampah di Balikpapan mencapai 400 ton per hari. Pemerintah melakukan sejumlah terobosan dan inovasi guna mengurangi dan menekan volume sampah yang terbuang ke TPA. Selain itu, kampanye pengurangan sampah plastik dan membawa tumbler sebagai wadah air minum juga terus digelorakan. Hal ini guna memupuk kesadaran masyarakat akan dampak dari sampah yang dibuang pada sembarang tempat.

“Ini kesempatan buat masyarakat Balikpapan yang ingin berjumpa langsung dengan Presiden Jokowi,” tambahnya.

Adapun kegiatan Jokowi usai meresmikan tol adalah melihat lokasi Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Diungkapkan Rizal, jika Jokowi menargetkan istana kepresidenan sudah terbangun pada 2021. Serta pada 2024 kepala negara sudah berkantor di Kalimantan Timur.

Rizal mengapresiasi kinerja PT Jasa Marga dalam menyelesaikan proyek jalan tol. Ia mengatakan, jika jalan tol sudah rampung seluruhnya, diproyeksikan kembali menghidupkan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan. Sebagaimana diketahui, retribusi parkir dari bandara Sepinggan turun hingga 50 persen, pasca beroperasinya Bandara APT Pranoto Samarinda.

“Kemaren waktu Bandara APT Pranoto diresmikan kita kehilangan pendapatan parkir Rp 500 juta per hari. Kalau jalan tol sudah lancar warga Samarinda dan sekitarnya tetap pakai Bandara Sepinggan ketimbang Samarinda banjir lagi,” jelasnya. (bom/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*