10 Pasangan Tak Resmi Terjaring Razia

TANJUNG SELOR, DISWAY – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2020 serta menjaga ketertiban dan kenyamanan Kota Ibadah- sebutan Kabupaten Bulungan tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bulungan, kepolisian serta TNI, Minggu (15/12) melakukan operasi penyakit masyarakat..

Operasi tersebut menyasar kos yang ada di ibu kota Kaltara serta penginapan dan hotel. Dari operasi gabungan ini, petugas berhasil mengamankan 10 pasangan bukan suami istri di sejumlah rumah kos.

“Satu pasangan mengaku sudah akan menikah,” jelas Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Bulungan, Hendrick Chairi.

Pasangan yang terjaring razia yang mengaku akan menikah, ditemukan aparat gabungan berada dalam kamar dengan pintu yang tertutup rapat.

Dari hasil pemeriksaan petugas, muda mudi ini tidak memiliki dokumen resmi yang menyatakan mereka berdua suami istri. Makanya, dibawa ke Kantor Satpol PP untuk didata dan dibina. “Saat ditemukan dalam kos, ada pasangan yang mengaku tengah mengurus berkas pernikahan,” bebernya.

Selain pasangan bukan suami istri, petugas juga mengamankan pasangan yang tidak memiliki identitas. Pasangan ini beralasan baru tiba di Bulungan. Perantau asal Jawa.
Hendrick mengatakan, jika tetap ingin tinggal di Bulungan, pasangan tanpa identitas itu harus melapor kepada Ketua RT setempat agar memiliki surat domisili. Sembari menunggu dibuatkan dokumen kependudukan di Disdukcapil Bulungan.

“Selain dibina, kami arahkan supaya melapor kepada RT di lingkungan mereka tinggal supaya dibuatkan dokumen,” tuturnya.

Yang mengherankan petugas, ketika mendapati pasangan yang masih berstatus pelajar berduaan di dalam kamar kos. Saat di digerebek, mereka mengaku sebagai adik dan kakak dan tengah mengerjakan tugas sekolah. “Ada juga yang ditemukan anak di bawah umur,” sebutnya.

Usai dilakukan pendataan, 10 pasangan bukan pasutri itu membuat surat pernyataan. Nantinya jika kembali tertangkap petugas maka akan langsung dinikahkan. (*/zuh)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*