Bupati: Nilai Jual untuk Pariwisata Berau

Parade Kostum Karnival Gelaran Disbudpar

Parade kostum karnival yang diadakan oleh Disbudpar Berau. Ini akan menjadi agenda rutin.(FERY SETIAWAN)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, menggelar parade kostum karnival di Jalan A Yani, Tanjung Redeb, Sabtu (14/12) lalu. Acara ini, guna meningkatkan minat kunjungan wisata di Bumi Batiwakkal.

Kepala Disbudpar Berau, Masrani mengatakan, pergelaran ini menjadi salah satu agenda rutin, yang pihaknya laksanakan. Ada 30 peserta dari berbagai elemen masyarakat, berpartisipasi menggunakan kostum khusus.

Berbagai bentuk, dan motif yang ditampilkan mencerminkan keanekaragaman alam dan hewan yang ada di Kabupaten Berau.

“Memang mayoritas para peserta membuat motif hewan dan tumbuhan yang menjadi identitas Bumi Batiwakkal. Tapi tidak menutup kemungkinan masyarakat yang ingin berkreasi untuk menampilkan hasil pemikiran dan karyanya walapun itu berasal dari luar daerah,”katanya kepada DiswayBerau.
Selain meningkatkan minat kunjungan masyarakat, kegiatan menjadi wadah bagi muda-mudi Berau untuk menunjukan kreativitas dan kualitasnya dalam membuat pakaian karnival.

Masrani mengatakan, kedepannya kegiatan ini akan dijadikan event tahunan skala tingkat daerah, hingga nasional. Hal itu bukan tanpa alasan, Kabupaten Berau, digadang akan menjadi salah satu daerah tujuan wisata paling diminati oleh masyarakat domestik hingga internasional.

“Kita ketahui bersama bahwa ada wacana pemindahan ibu kota negara, dan itu dekat dengan Berau. Jadi besar kemungkinan Bumi Batiwakkal akan menjadi salah satu pusat pariwisata Indonesia,”ujarnya.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Syarifatul Sya’diah mengatakan, ini merupakan pergelaran yang luar biasa. Dari kegiatan tersebut membuktikan bahwa masyarakat Berau, mulai membuka pandangannya terhadap potensi pariwisata yang dimiliki daerah. Terkhusus kaum muda yang memiliki kreativitas dan terlibat dalam parade kostum karnival.

“Kami sangat bangga dengan adanya kegiatan seperti ini,”tuturnya.

Walaupun konsep acara terbilang sederhana, tapi tidak menghilangkan unsur semarak karnival. Ia pun berharap kedepannya acara seperti itu akan dikemas lebih baik lagi, atau lebih meriah.

“Saya yakin, dulu Jember Karnival awalnya pun seperti ini. Kedepannya semoga ada alokasi anggaran yang lebih besar, agar bisa dikemas menjadi lebih baik,”ungkapnya.
Kapolres Berau, AKBP Edy Setyanto Erning W mengungkapkan, bahwa Polres Berau siap mengawal dan melakukan pengamanan di setiap event yang dilakukan oleh Disbudpar Berau. Terkhusus, untuk destinasi wisata.

Edy Setyanto mengatakan, jika kedepannya giat serupa kembali dilakukan, pihaknya akan mengikut sertakan polki ataupun polwan untuk berpartisipasi menggunakan dan membuat kostum karnival.

“Saya sangat berharap untuk kedepannya Polres Berau bisa terlibat sebagai peserta karnival,”ungkapnya.

Bupati Berau, Muharram mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya acara ini adalah nilai jual untuk pariwisata Berau. Kedepannya, diharapakan agar event dapat masuk dalam kalender wisata Disbudpar, bahkan hingga tercatat di Kementerian Pariwisata.

“Kami berharap seperti itu untuk kedepannya,”pungkasnya. (*/fst/adv/app)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*