Inflasi Akhir Tahun, BPS: Harga Masih Stabil

Samarinda, DiswayKaltim.com – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan inflasi pada Desember 2019 tidak meningkat signifikan dibanding bulan sebelumnya.
Hal ini dikatakan Kepala BPS Kaltim Anggoro Dwitjahyono kepada Disway Kaltim di Kantor Wilayah Bank Indonesia (BI) Kaltim, Senin (16/12/2019) siang.
“Kalau dilihat dari sisi pendataan sampai dengan tanggal 15 Desember ini, memang relatif stabil. Bahkan lebih rendah dibanding Desember tahun lalu,” ungkapnya.
Proses pencacahan akan dilakukan hingga akhir bulan ini. Setelah itu akan diketahui besaran inflasi Kaltim di penghujung 2019.
Meski begitu, ia menegaskan, terdapat sejumlah komoditas yang harganya meningkat. Dipengaruhi permintaan yang bertambah pada perayaan Natal dan Tahun Baru.
“Tetapi relatif stabil. Pada posisi yang wajar. Jadi secara umum, posisi perkembangan harga-harga relatif stabil. Hanya memang ada kenaikan harga-harga,” jelasnya.
Kenaikan harga sejumlah komoditas di akhir tahun ini, lanjut Anggoro, dipengaruhi permintaan kebutuhan pokok. Selain itu, harga tiket pesawat juga ikut memberikan kontribusi terhadap peningkatan harga di Desember 2019.
“Tetapi harga tiket pesawat ini relatif tidak terlalu tinggi kenaikannya,” kata Anggoro.
Ia menyebut, inflasi di Bumi Etam diharapkan di bawah inflasi nasional. Untuk mencapai target tersebut, sejumlah langkah akan diambil oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).
“Hampir di seluruh kabupaten/kota mengambil langkah. Untuk mengendalikan harga. Biasanya di hari raya Natal dan Tahun Baru ada peningkatan permintaan. Cuman ada langkah-langkah yang diambil,” sebut Anggoro. (qn/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*