Selasa Jalan Tol Diresmikan, Natal dan Tahun Baru Bisa Dipakai

SAMARINDA, DiswayKaltim.com – Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan berkunjung ke Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019). Dua agenda dalam kunjungan kerjanya di Benua Etam.

Pertama peresmian jalan tol Balikpapan – Samarinda (Balsam). Dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi ibu kota negara (IKN), di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Di jalan tol Balsam, Jokowi akan meresmikan pembukaan jalan tol seksi II, III, dan IV, sepanjang 66 kilometer, yang menghubungkan Palaran menuju Samboja.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan, kabar kunjungan kerja Jokowi ke Benua Etam telah ia dapatkan dari sekretariat negara. Selain meresmikan fungsional jalan tol, Presiden Jokowi juga diagendakan melakukan kunjungan ke lokasi ibu kota negara.

“Selasa jalan tol Balsam seksi II sampai IV diresmikan presiden dan kunjungan ke lokasi ibu kota negara,” katanya.

Jalan tol Balsam dibuka operasional selama dua minggu secara gratis. Guna menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru. Walau demikian, para pengendara wajib memiliki e-Toll (kartu pembayaran jalan tol elektronik) untuk dapat masuk di gerbang tol.

Selama dua minggu, warga dapat mencoba melakukan perjalanan dari Samboja menuju Palaran, maupun sebaliknya. Nantinya terdapat fasilitas Pos Pengamanan di kawasan Gerbang Tol Palaran, dan Rest Area Km 37 B, yang dilengkapi dengan fasilitas masjid, toilet, mini market, tenant kuliner, dan dilantasi ibu menyusui.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo, dalam postingan Instagramnya pada Senin (16/12/2019) menulis, Pemerintah RI telah bersiap menyambut perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Beberapa persiapan dilakukan pemerintah guna memberikan rasa nyaman bagi warga yang bersiap merayakan Natal dan Tahun Baru, yakni memastikan ketersediaan pangan dan stabilitas harga bahan pokok.

Selain itu, presiden juga menginstruksikan pihak berwajib agar bersiap dalam menjaga keamanan, dan pihak terkait di bidang perhubungan untuk bersiap menjaga pelayanan transportasi pada hari-hari libur tersebut.

“Saya telah menginstruksikan jajaran terkait untuk menyiapkan dengan baik fasilitas moda transportasi, termasuk kecukupan stok BBM,” tulis Presiden Jokowi, dalam postingan Instagram. (mic/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*