Jalan Tol Rangsang Pusat Pertumbuhan Baru

Pintu Tol Balsam gerbang Samboja. (Ferry Cahyanti/Disway Kaltim)

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur Tutuk SH Cahyono mengatakan, keberadaan jalan tol Balikpapan-Samarinda akan memberikan efek berantai pada perekonomian Kalimantan Timur. Sejumlah sektor diperkirakan akan terkerek dengan jalan berbayar itu.

Tutuk mengatakan, sektor yang terimbas positif antara lain infrastruktur, pariwisata, perdagangan, hotel dan restoran.

“Tetapi sektor logistik juga akan merasakan dampaknya karena keberadaan jalan tol membuat perjalanan lebih efektif, dan biaya lebih efisien,” kata Tutuk di sela peresmian Jalan Tol Balikpapan – Samarinda.

“Secara teori, ketika ada konektivitas akan tumbuh pusat (ekonomi) baru. Saat ini pun sudah terlihat di tempat exit (tol). Sudah mulai terlihat,” imbuh dia.

Seiring dengan biaya logistik yang murah karena biaya transportasi murah, dan  waktu efisiensi, maka dapat  memberikan efek berantai ekonomi lain. Potensi perekonomian akan muncul dan menimbulkan second round effect.

“Soal berapa lama akan terlihat, itu tergantung bagaimana masyarakat merespons. Saya kira kalau swasta, begitu tahu di sini ada tol, mereka akan langsung bangun,” jelasnya.

Salah satu sektor yang akan tumbuh cepat, menurut Tutuk adalah pariwisata. Beberapa lokasi wisata yang tadinya tak bisa diakses, kini terbuka. Kemudian akan datang pedagang. Baik dagang makanan, suvenir atau lainnya untuk melayani wisatawan. (fey/eny)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*