Jelang Natal-Tahun Baru, Harga Ayam dan Daging Stabil

Sumarno salah satu pedagang daging di Pasar Rawa Indah saat didatangi tim monitoring harga pasar. (Siti Kholifah/DiswayKaltim)

Bontang, DiswayKaltim.com – Harga ayam dan daging terpantau stabil di Pasar Rawa Indah, Senin (16/12/2019). Sumiati pedagang ayam menyebut harga ayam masih normal dan tidak ada kenaikan.

“Harga tidak naik,  Ayam ukuran besar Rp 55 ribu seekor, yang kecil Rp 50 ribu,” katanya. Ia memastikan menjelang natal dan tahun baru harga ayam tidak akan naik dan stok ayam pun cukup.

Begitu juga Sumarno pedagang daging, sejauh ini menurutnya tidak ada kenaikan harga daging. Ia menyebut masih stabil di harga Rp 135 ribu per kilonya. “Stok daging aman sampai akhir tahun, ” sebutnya.

Sementara itu beberapa bahan pokok, seperti bawang merah dan telur mengalami kenaikan. Samsul Anam, pedagang bawang merah menyebut kenaikan sudah terjadi sejak 2 minggu lalu. “Biasanya Rp 23 ribu per kilogram, sekarang harga untuk bawang merah kiriman dari Jawa Rp 27 ribu per kilogram, yang kiriman dari Sulawesi, Enrekang Rp 33 ribu per kilo, ” ujarnya.

Selain itu, Hajrah pedagang telur mengaku mendapatkan stok telur dari Surabaya. Dirinya menyebutkan harga telur pun naik dari harga sebelumnya. “Awalnya Rp 45 ribu sepiring,  sekarang harga Rp 52 ribu sepiring,” tuturnya.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang Debora Kristiani mengatakan, harga cabai mengalami penurunan setelah sebelumnya sempat melonjak naik menjelang lebaran Iduladha. Namun saat ini harga cabai besar seharga Rp 28 ribu per kilo dan cabai kecil Rp 20 ribu per kilogram.

Dirinya menjelaskan, ia dan tim akan selalu rutin melaksanakan monitoring harga pasar. Upaya tersebut untuk mengantisipasi kalau terjadi kenaikan harga pasar. “Kalau harga naik biasanya akan koordinasi ke dewan ketahanan pangan. Kemudian menunggu dari kebijakan-kebijakan Pemkot Bontang untuk menstabilkan harga pasar, ” jelasnya, usai monitoring harga pasar di Pasar Rawa Indah. (fah/eny)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*