KPU Kukar Evaluasi Permasalahan Logistik

Komisioner KPU Kukar Nofand Surya Gafillah. (Rafii/Disway Kaltim)

==========


Kukar, DiswayKaltim.com – KPU Kukar lakukan beberapa evaluasi terkait penyelenggaraan Pemilu 2019. Evaluasi yang digelar pada Selasa (17/12/2019) di Pondok Jajak Indah Tenggarong. Guna sebagai catatan penting dalam pelaksanaan pilkada serentak 2020.

Permasalahan yang terjadi pada pemilu lalu, tidak hanya terkait masalah pencalonan saja. Namun juga terkait pendistribusian dan kelengkapan logistik pemilu.

“Bahkan pemilu lalu ada pemilu susulan dan lanjutan, itu semua kaitannya dengan logistik yang terlambat datang,” ucap Komisioner KPU Kukar Nofand Surya Gafillah pada Disway Kaltim, Selasa (17/12/2019).

Agar kejadian pada pemilu sebelumnya tidak terulang. Nofand berharap pemilu ke depan proses distribusi logistik lebih awal lagi. Ia menginginkan ada pengecualian untuk daerah yang geografisnya berbeda dengan perkotaan. Contohnya seperti Kukar.

Menurutnya, daerah Kukar tidak bisa disamaratakan proses pendistribusiannya dengan wilayah yang bisa dijangkau dengan mudah.

“Untuk daerah seperti Kukar, jarak antara Kabupaten/Kota dengan kecamatan-kecamatan cukup jauh, belum lagi ke desa-desa,” ucap Nofand di sela-sela sosialisasi.

Selain itu, harapan ke depannya KPU RI bisa memberikan ruang kepada daerah-daerah yang melaksanakan pemilu. Untuk bisa melakukan pengadaan logistik secara mandiri atau swakelola.

Seperti formulir yang sifatnya penting. Sebut saja formulir plano dan formulir berita acara yang memang sering kekurangan.

“Formatnya cuma ada di KPU RI, makanya kita tidak bisa mencetak itu,” pungkasnya. (mrf/dah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*