Lima Bank Siapkan E-Toll

Kepala Perwakilan BI Kaltim Tutuk SH Cahyono menyebut sudah ada lima bank menyediakan e-toll card untuk melintasi Tol Balsam. (Ferry Cahyanti/Disway Kaltim)

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Peresmian jalan Tol Balikpapan-Samarinda oleh Presiden RI Joko Widodo, Selasa (17/12/2019) disambut dengan segera menyediakan layanan pembayaran elektronik.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur Tutuk SH Cahyono mengatakan, pihaknya telah mendorong perbankan menyediakan uang elektronik di gerbang tol. Saat ini sudah ada 4 bank BUMN dan satu bank swasta yang menyediakan uang elektronik.

Bank tersebut adalah Mandiri, BNI, BRI, dan BTN. Satu bank swasta yang sudah siap adalah  BCA. Sementara Bankaltimra sedang dalam taraf penjajakan.

“Kami sosialisasi ke banyak komunitas, anak muda orang tua,  diharapkan sudah mengetahui tata cara menggunakan uang elektronik. Termasuk di mana mereka bisa membeli, top up, dan sebagainya,” imbuh Tutuk.

Selain di gerai bank penerbit kartu, uang elektronik bisa diperoleh di swalayan, mal dan sebagainya. BI meyakinkan semua masyarakat  bisa memperoleh uang elektronik dengan mudah. Apalagi pada masa uji coba, akan ada merchant khusus yang menawarkan uang elektronik.

Sementara itu, Bank Mandiri mempersiapkan 10 ribu kartu elektronik tol yang di-branding dengan e-money. Kartu itu nantinya bisa digunakan bagi pengguna jalan Tol Balikpapan – Samarinda yang dibangun pertama kali di wilayah Kalimantan.

Vice President Bank Mandiri Balikpapan Aksomo Widiasto menambahkan, dengan diresmikan dan penggunaan kartu e-tol merupakan momentum yang baik karena bisa digunakan dimanapun berada.

“Ini adalah momentum yang baik dimana nanti e-tol bisa digunakan transaksi di minimarket, ritel modern dan parkir mal. Lebih tersosialisasi dengan baik dan bermanfaat,” ujarnya.

Bahkan pihaknya optimistis, dengan adanya e-tol melalui Bank Mandiri berupa e-money dapat menambah jumlah nasabah. Karena dengan produk itu bisa menambah saldo melalui aplikasi smartphone.

“Sosialisasi e-tol sudah dilakukan, yaitu melalui Bank Indonesia. Kampanye, termasuk sopir-sopir yang ada di Balikpapan. Spanduk di Bank Mandiri juga sudah terpasang,” pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*