Pemda Kukar Wacanakan Bangun Jembatan Lagi untuk Alternatif

Jembatan Kutai Kartanegara Menjadi Akses Penting Penghubung Tenggarong dan Tenggarong Seberang. (Rafii/Disway Kaltim)

===========

Kukar, DiswayKaltim.com – Dinas PU Kukar kembali mewacanakan membangun satu jembatan lagi di Kukar. Sebagai jalur alternatif penghubung antar Tenggarong dan Tenggarong Seberang. Selain Jembatan Kutai Kartanegara.

Diketahui selama ini, akses alternatif yang tersedia yakni hanya menggunakan kapal feri penyebrangan kecil. Itupun hanya sebatas kendaraan roda dua saja. Di Kelurahan Mangkurawang, Tenggarong.

Sekretaris Dinas PU Kukar Budi Harsono menyebutkan dua tempat yang ideal untuk dibangun jembatan alternatif. Yakni di Kelurahan Mangkurawang dan di Kecamatan Loa Kulu.

Nantinya Kelurahan Mangkurawang bisa dihubungkan ke Desa Loa Pari. Dan Kecamatan Loa Kulu menghubungkan ke Desa Jongkang.

“Karena pada saat pemeliharaan, Jembatan Kertanegara otomatis (harus) ditutup sementara. Kalau ada satu jembatan lagi bisa dialihkan kesitu,” ucap Budi.

Hal ini melihat saat Dinas PU Kukar melakukan proses maintenance Jembatan Kutai Kartanegara pada 14-15 Desember silam. Nampak masyarakat ada yang memilih menyebrangi Sungai Mahakam. Menggunakan kapal feri penyebrangan.

Namun ada juga yang menunggu jalur jembatan dibuka kembali saat dilakukan tes uji dinamik pada jembatan yang dibangun 2015 lalu. Sehingga pembangunan jembatan alternatif dirasa perlu.

“Untuk jembatan Loa Kulu-Jongkang sudah didorong APBN, kita harapannya dalam waktu dekat sudah terealisasi,” pungkas Budi. (mrf/dah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*