Wow, Markas Star Wars ada di Tahura

Pos Pelayanan Operasi Lilin Mahakam 2019 yang dibangun Polres Kukar dibuat mirip markas Star Wars. (Bayu/Disway Kaltim)
==========

Kukar, DiswayKaltim.com – Demam film Star Wars tak hanya dirasakan masyarakat saja. Aparat Kepolisian di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) juga mengalaminya. Buktinya, Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Kukar membangun Pos Pelayanan (Pos Yan) berteknologi tinggi mirip markas seperti di film Star Wars : The Rise of Skywalker.

Pos Yan ini dibangun selama Operasi Lilin Mahakam 2019. Tujuannya untuk memberikan pelayanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Pos Yan ini terletak di Km 54 Kecamatan Samboja, tepatnya di Jalan Poros Samarinda – Balikpapan.

“Mengapa Star Wars? Karena kami ingin mendekatkan diri kepada masyarakat. Apalagi sekarang film ini sedang update dan lagi tayang di bioskop. Jadi namanya pelayanan harus menarik,” terang Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho, melalui Kasat Lantas AKP Wisnu Dian Ristanto kepada Disway Kaltim, Selasa (24/12/2019) kemarin.

Di Pos Yan ini, masyarakat bisa beristirahat. Selain itu tersedia juga Inovation Education Area, Command Center, Meeting Area, Rest Area dan Medic Area.

“Banyak peralatan edukasi yang bisa menghibur masyarakat. Setelah fresh, barulah melanjutkan perjalanan. Sehingga dapat berkendara dengan selamat,” ungkap Wisnu.

Terdapat tiga teknologi dan inovasi di Pos Yan. Terdiri, Augmented Reality (AR) melalui Aplikasi Intraction Kukar, Virtual Reality (VR) dan Interaktif Touchwall.

AR yakni membawa sesuatu yang maya ke dunia nyata. Seperti Pokemon Go. Tapi di Pos Yan ini, video yang dikeluarkan tentang game pendidikan lalu lintas dan lain sebagainya.

“Fungsinya seperti barcode. Teknologi ini baru pertama digunakan di Kalimantan,” jelas Wisnu.

Tapi VR sebaliknya. Dari nyata ke dunia maya. Isinya juga sama, tentang pendidikan lalu lintas.

“Kami ingin menyampaikan aturan lalu lintas kepada masyarakat melalui teknologi. Baik game maupun edukasi,” urai Kasat.

Kemudian Interaktif Touchwall. Teknologi ini merupakan proyektor yang ditambah dengan sensor. Sehingga tembok maupun papan triplek bisa berubah menjadi layar sentuh (touchscreen).

“Kalau teknologi ini baru pertama kali digunakan di seluruh Indonesia oleh kepolisian. Baru Polres Kukar,” tuturnya.

Dalam operasi lilin ini, teknologi Interaktif Touchwall digunakan pada panel data. Dimana pada layar dapat dilihat lokasi kemacetan, titik pos yan dan pengamanan, termasuk edukasi.

“Semua serba digital. Daftar tamu saja pakai digital,” katanya.

Terpisah, Krisna mengaku kagum dengan Pos Yan Polres Kukar ini. Ketika ia melintas dari Balikpapan ke Samarinda, ia langsung terpana melihat gambar Star Wars.

“Ini film kesukaan saya. Terus pas saya lihat ke dalam pos, ternyata sudah menggunakan teknologi yang canggih. Selain itu saya juga mendapat wawasan tentang berlalu lintas, tanpa harus bertanya ke petugas,” ujar warga Balikpapan ini.

Hal senada juga diucapkan Yogi, warga asal Bandung. Kebetulan ia mau menuju bandara Balikpapan. Sewaktu merasa lelah di jalan, ia mampir ke Pos Yan. Selain beristirahat, Yogi menyempatkan diri mencoba VR.

“Tadi saya coba permainan mengendarai sepeda motor yang benar. Selain lelah hilang, saya juga mendapatkan edukasi tentang tertib berlalu lintas. Sangat bermanfaat teknologi ini,” ungkapnya. (byu/dah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*