Partai Politik Ramai-Ramai Usulkan Bantuan Dana Parpol Naik

Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan Abdul Gafur Mas’ud menyetujui bantuan dana parpol naik. Seperti beberapa partai besar lainnya. Hampir pasti terwujud. (Ariyansah/Disway Kaltim)

==========

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Empat partai di Balikpapan sepakat dengan usulan kenaikan dana bantuan keuangan partai politik (parpol). Yang diwacanakan Golkar. Empat partai itu, PKS, PPP, Demokrat dan PDIP.

“Pada prinsipnya, kebijakan anggaran adalah kesepakatan DPRD dan Pemkot Balikpapan. Prinsipnya, PKS menyetujui saja adanya usulan kenaikan dana bantuan parpol. Cuma memang kita tidak bisa memaksakan kehendak. Harus melihat kekuatan anggaran di APBD,” kata Sonhaji, ketua DPD PKS Balikpapan kepada Disway Kaltim, Kamis (26/12/2019).

Ketua DPC PPP Balikpapan, Jumiati mengatakan, partainya juga sepakat atas usulan kenaikan dana bantuan keuangan ke parpol-parpol di Balikpapan.

“Memang sebaiknya dinaikkan. Karena anggaran parpol di Balikpapan kecil dibanding di dengan kota-kota lainnya. Saya sepakat dengan usulan itu,” ujarnya.

Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan, Abdul Gafur Mas’ud (AGM) menegaskan dukungan terhadap usulan kenaikan itu. Asalkan, kata dia, tak melanggar aturan yang berlaku.

“Kalau Demokrat, selama tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku, sepakat saja. Kalau soal kemampuan keuangan daerah, saya kira mampu-mampu saja. Masa enggak mampu,” katanya.

Ketua DPC PDIP Balikpapan, Thohari Aziz juga sepakat dengan usulan kenaikan tersebut. Selama keuangan daerah mendukung. Bila seluruh partai menyepakati melalui perwakilannya di DPRD Balikpapan, maka kenaikan dana parpol dapat terwujud pada APBD-P 2020 nanti.

“Substansinya kan penggunaannya untuk peningkatan peran politisi parpol. Untuk pendidikan politik juga. Asalkan pertanggungjawabannya jelas. Untuk program, pendidikan politik. Bukan untuk beli kantor,” katanya.

Parpol yang dapat dana bantuan keuangan, hanya yang memiliki kursi di DPRD Balikpapan. Diketahui, PKS memiliki 6 kursi di DPRD Balikpapan. Partai Demokrat 4 kursi, PPP 3 kursi dan PDIP 8 kursi.

Sebelumnya, Ketua Harian DPD Golkar Balikpapan Kashariyanto mengusulkan kenaikan dana bantuan keuangan parpol di Balikpapan. Dari Rp 4.108 per suara sah, menjadi Rp 7 ribu per suara sah. Usulan ini akan didorong untuk dibahas di DPRD Balikpapan melalui 11 anggota legislatifnya.

“Ini (kenaikan dana parpol) penting juga. Untuk memaksimalkan penyadaran politik. Apalagi menuju momentum Pilkada Serentak,” kata Kashariyanto, beberapa waktu lalu. (sah/dah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*