Beberapa Masjid di Balikpapan Melaksanakan Salat Gerhana

Kepala Kemenag Balikpapan Alfi Taufik.(Andrie /Disway Kaltim)

============

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Fenomena gerhana matahari cincin yang terjadi di 25 Kota dan Kabupaten di tujuh provinsi dan termasuk di Provinsi Kaltimantan Timur dan Utara, disebut Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan Alfi Taufik sebagai fenomena langka dan disunahkan melaksanakan salat.

Menurut Alfi, ada beberapa masjid di Balikpapan yang menggelar salat Gerhana ini. Diantaranya Masjid At Taqwa, Masjid Balikpapan Center, Masjid Istiqamah, Masjid Tarbiyah, Masjid Graha NU, Masjid As Sajadah Pondok Kari Agung, Masjid Jamiatul Mustaqim, dan beberapa mesjid yang melaksanakan namun tidak melaporkan ke kantor Kemenag Balikpapan.

Taufik menjelaskan, Gerhana Matahari ini tidak dikaitkan dengan apapun atau paham atau aliran lainnya. Dengan salat Gerhana menumbuhkan rasa takwa kepada Allah SWT dan diharuskan berdoa.

“Salat Gerhana ini sebagai bentuk kekuasaan Allah SWT, sebagai tanda besar Allah SWT, pada saat Gerhana disunnahkan melaksanakan Salat Gerhana,” ujarnya, Kamis (26/12/2019).

Menurutnya, dengan munculnya fenomena ini agana mengajarkan harus memperbanyak istigfar dan sedekah.

“Kita harus banyak doa-doa sama istigfar agar mengingat kebesaran Allah SWT,” tambahnya. (bom/dah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*