Bikin Heran, Orang Samarinda Banyak Tak Tahu Wisata Lokal

Dian Rosita heran masih banyak warga Samarinda yang tak tahu tempat wisata lokal. 

==========

Samarinda, DiswayKaltim.com – Musim libur panjang seperti ini banyak digunakan masyarakat untuk mengunjungi tempat wisata. Menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga.

Menariknya, setiap musim liburan selalu saja ada pertanyaan di group Facebook Bubuhan Samarinda misalnya, mengenai dimana saja tempat wisata di Samarinda.

Praktisi pariwisata Dian Rosita selalu heran tentang pertanyaan tersebut. Padahal katanya, mencari tempat wisata di Samarinda tidaklah sulit.

“Heran banget. Kok bisa ya? Padahal kan ini kota tempat mereka mencari penghidupan. Sudah tinggal di sini bertahun-tahun, tapi masih gak tahu. Maksud saya, ayolah kita cintai kota kita ini,” ujarnya melalui saluran telepon pada Disway Kaltim.

Namun sepengamatan Dian, tingkat ketidaktahuan masyarakat tentang tempat wisata lokal makin kesini sudah makin turun.

“Saya suka mantau tuh di medsos kalau ada pertanyaan seperti itu. Saya bacain komentar warga satu-satu dan alhamdulillah mulai banyak yang bisa menyebut setidaknya 4 tempat wisata di Samarinda,” lanjutnya.

Namun begitu, wanita yang sukses membesarkan Mahakam Lampion Garden ini, tidak menyalahkan sepenuhnya warga yang tak tahu wisata di Kota Tepian ini. Bisa jadi, para pelaku usaha wisata yang kurang gigih mempromosikan.

“Saya pikir juga karena para pelaku usaha wisata kurang mempromosikan secara kolektif. Saling mempromosikan,” jelas Dian.

Pola self marketing seperti ini, kata Dian, memang terjadi sebelumnya. Tidak ada keinginan pemilik usaha wisata untuk mempromosikan tempat wisata lainnya bisa jadi penyebab minimnya sebaran informasi tentang wisata lokal.

Untuk itu 2 tahun terakhir upaya promosi bareng ini terus digenjot. Dampaknya memang sudah mulai terasa dengan penyebaran pengunjung yang merata di setiap tempat wisata.

“Ini akan terus jadi evaluasi bagi kami agar terus bisa kompak. Terkadang orang terlalu sibuk bekerja sampai tak dapat informasi soal wisata lokal. Jadi kami merasa perlu untuk terus meningkatkan aktivitas pemasaran,” sambungnya.

Memang Samarinda tak dianugerahi kondisi alam yang indah layaknya Berau, Raja Ampat, Bali, dan lainnya. Namun menurut Dian, wisata buatan di Samarinda sudah cukup mengakomodasi kepuasan berwisata terutama wisata keluarga. (ava/dah)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*