Bantu Logistik dan Pelayanan Kesehatan

Dukungan Berau Coal pada Warga Terdampak Banjir

Logistik untuk warga di Kampung Tumbit Melayu dari PT Berau Coal. Selain itu, ada juga pelayanan kesehatan.(FERY SETIAWAN)

TANJUNG REDEB, DISWAY- PT Berau Coal memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak luapan air Sungai Kelay di Kampung Tumbit Melayu, Jumat (27/12).

Dalam penyaluran bantuan, PT Berau Coal bekerja sama dengan tim gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polri, dan TNI.

Setelah melalukan monitoring di area terdampak banjir, PT Berau Coal bersama tim gabungan membantu penanganan medis kepada warga khususnya balita yang rentan terhadap penyakit. Selain itu, juga melakukan survei kebutuhan yang diperlukan oleh warga yang terdampak.

Manager Emergency Responsibility Grup (ERG), Andi Henry Achmad mengatakan, saat ini pihaknya berupaya untuk membantu korban terdampak luapan air sungai. Bantuan yang diberikan ialah pelayanan kesehatan gratis dan penyaluran kebutuhan logistik.

Selain itu, pihaknya menerjunkan 8 personel rescue ERG untuk senantiasa berjaga dalam keadaan tanggap darurat. Bukan hanya tim di lapangan, pihaknya juga telah mempersiapkan dokter dan ambulans, untuk berjaga apabila ada peristiwa yang terjadi akibat dampak luapan air di Kampung Tumbit Melayu.

“Kami telah bersiap diri dan memantau perkembangan kampung. Sekiranya semakin parah, maka kami akan bergegas melakukan evakuasi,”ujarnya kepada Disway Berau.

Sementara itu, Manager Corporate Social Responsibilty (CSR) PT Berau Coal, Hikmawaty menambahkan, pihaknya juga memberikan bantuan logistik berupa selimut, makanan cepat saji, air mineral serta kebutuhan bayi ke warga.

“Ada beberapa bantuan yang kami berikan, saat ini diwakilkan oleh kepala kampung, juga tadi disaksikan oleh Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas setempat,” katanya.
Penyerahan bantuan ini selain merupakan bantuan Program PPM PT Berau Coal, juga merupakan aksi sosial dan aksi solidaritas sebagai wujud kepedulian PT Berau Coal terhadap warga terdampak.

Ia menambahkan, saat ini bantuan yang diberikan memang hanya ke Kampung Tumbit Melayu, namun juga tetap memonitor kondisi di kampung-kampung sekitar seperti Long Lanuk, Tumbit Dayak, Inaran, Bena Baru, Pegat Bukur, dan Rantau Panjang.

“Karena memang jika dilihat yang paling parah adalah di kampung ini (Tumbit Melayu, red), dan barang yang sudah kami beri ini langsung kami berikan kepada kepala Kampung Tumbit Melayu,”

Tak hanya itu, sampai saat ini pihaknya pun terus menampung aspirasi dan keluhan masyarakat terkait kebutuhan dan kesehatan. Dari hasil observasi tim lapangan, pihaknya akan memberikan bantuan air bersih dan perlengkapan bayi.

“Saat ini kami tampung semua keluhan dari masyarakat. Sekiranya bisa kami bantu pasti kami beri,”ungkapnya.

Kepala Kampung Tumbit Melayu, Maspri mengucapkan terima kasih kepada PT Berau Coal yang sudah merespons cepat, dan langsung membantu warga yang terkena musibah ini.

“Saya mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada PT Berau Coal yang selalu cepat merespons jika masyarakat mengalami kesusahan,” ujarnya.(*/fst/app)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*