Libur Natal, Pengunjung Pulau Kumala Tidak Naik Signifikan

Pengunjung di Pulau Kumala. (Rafii Disway)

===

Kukar, DiswayKaltim.com – Pada libur natal 2019, pengunjung destinasi wisata Pulau Kumala Tenggarong. Tidak mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Meskipun dibanding dengan hari-hari libur akhir pekan biasanya.

Salah satu penyebabnya, menurut salah satu karyawan Pulau Kumala Edmond. Yakni banyaknya destinasi wisata lain yang ada di Kukar. Seperti tempat wisata Ladang Budaya (Ladaya) Kukar, Pantai Merah Samboja dan banyak lagi.

“Gak terlalu naik signifikan sih dibanding hari minggu biasa,” ucap Edmond pada Disway Kaltim, Sabtu (28/12/2019).

Edmond menyebutkan untuk saat ini wahana-wahana yang ada di Pulau Kumala, sedang dalam tahap perawatan dan perbaikan semua. Seperti Boom Boom Car, Komedi Putar. Sehingga daya tarik pulau yang berada di tengah Sungai Mahakam kurang.

Dari pantuan, terlihat pengunjung lebih banyak menikmati santai dengan menggelar karpet dan menikmati makan bersama keluarga. Berkeliling Pulau Kumala dengan sepeda kayuh maupun listrik.

Bahkan ada juga berkeliling dengan menggunakan mobil dan delman. Ke beberapa titik untuk berswafoto. Seperti Dayak Experience Center (DEC), Pura di tengah Pulau Kumala, Kolam Naga, Patung Naga dan Tulisan Pulau Kumala yang ada tepat berhadapan dengan Jembatan Kutai Kartanegara.

“Rame karena disana tujuan mereka (pengunjung) untuk foto-foto,” lanjut Edmond.

Namun disayangkan, Pulau Kumala yang digadang-gadang menjadi ikon wisata Kota Raja Tenggarong. Banyak wahana permainan yang sudah tidak berfungsi lagi.

Selain Boom Boom Car dan komedi putar. Ada juga seperti kereta api yang mengelilingi Pulau Kumala, arena Go-Cart yang tidak terawat mendekati hancur. Serta wahana utama Skytower dan Kereta Gantung yang menghubungkan Pulau Kumala dan Tenggarong Seberang. (mrf/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*