Maksimalkan Kebersihan, DLHK Tambah Armada

Salah satu armada DLHK yang usianya tidak lagi muda.(ISTIMEWA)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Armada pengangkut sampah milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, kurang memadai, apalagi untuk menghadapi musim penghujan, luapan air kerap menggenangi dalam kota. Salah satu faktornya, masih banyak sampah di saluran drainase.

Disebutkan Kepala Bidang Kebersihan, Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Limbah B3 DLHK Berau, Junaidi, pihaknya telah menambah enam unit armada kebersihan melalui Dana Alokasi Khsus (DAK), untuk disiagakan guna mengantisipasi sampah warga yang terbawa air. Selain itu, dengan tambahan armada baru ini diharapkan mendukung kinerja petugas dalam menjaga kebersihan lingkungan khususnya pengangkutan sampah di beberapa TPS.

Lanjutnya, armada kebersihan yang ditambah, berupa empat unit truk pengangkut sampah, dan dua unit mobil amrol, serta tiga unit roda tiga tangki untuk penyiraman tanaman.

“Penambahan armada ini juga untuk mendukung kinerja DLHK dalam memaksimalkan kebersihan dan keindahan dalam kota. Sebetulnya DLHK juga sudah punya armada serupa namun kondisinya yang tidak maksimal lagi,” jelasnya.

Selain itu, melalui penambahan unit baru ini, akan mempercepat penanganan kebersihan di jalan-jalan dalam kota saat banyak sampah terbawa genangan luapan drainase sekaligus mempercepat dalam penyiraman taman-taman kota. Dan meningkatkan kinerja, dalam hal efektifitas waktu dan cakupan pelayanan.

“Kami bertahap ingin mengganti armada lama yang umurnya sudah cukup tua. Apalagi saat ini musim penghujan kami butuh alat operasional yang benar-benar kondisi prima,” katanya.

Saat ini, sebalum adanya penambahan armada, hanya ada tiga unit kendaraan yang kondisi sangat baik dari total 17 unit amrol dan 11 truk pengangkut sampah.

“Kalau untuk petugas kebersihan kami sudah cukup banyak, alatnya yang sudah tua, bahkan sudah 30 tahun. Dengan adanya ini semoga bisa memaksimalkan tugas kami,” tandasnya.(*/zuh/app)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*