Bakal Masuk Kalender Wisata Kaltim

Pesta Budaya Meja Panjang di Kampung Merasa

Acara Pembukaan Pesta Budaya Meja Panjang di Kampung Merasa, Sabtu (28/12).(ISTIMEWA)

KELAY, DISWAY – Keelokan Pariwisata Bumi Batiwakkal, tidak terlepas dari unsur budaya masyarakatnya. Kali ini pagelaran pesta budaya meja panjang Kampung Merasa, menjadi salah satu ujung tombak Kabupaten Berau, dalam promosi pariwisata daerah.

Bupati Berau, Muharram menyebutkan, pesta budaya meja panjang adalah salah satu budaya masyarakat Merasa, di mana setiap RT memuat meja panjang secara gotong royong dan masing masing rumah tangga menyumbang berbagai macam jenis makanan, untuk disuguhan pada tamu atau masyarakat luar yang berkunjung.

Kegiatan tersebut, berlangsung sepekan lamanya, sekaligus di rangkai dengan acara natal dan tahun baru. Masyarakat membuat suatu tradisi gotong royong, secara menyeluruh melibatkan seluruh warga.

Menurutnya, acara juga akan menumbuhkan rasa kebersamaan, dan cinta kasih. Sehingga kekompakan dan persatuan tercipta, di antara masyarakat Kampung Merasa.

Berbagai pesan moril dan seni budaya di sajikan secara tradisional di sepanjang waktu acara, tentu acara ini punya dampak positif dalam mengawal pembangunan terhadap Kampung Merasa.

“Saya sebagai bupati tentu mendukung acara ini, dan berharap agar terus ditingkatkan kualitas, dan kuantitas sehingga Kampung Merasa benar-benar terwujud menjadi salah satu objek wisata budaya yang diminati warga dan masyarakat Kabupaten Berau,”katanya kepada DiswayBerau.

Muharram pun turut bergembira, atas suksesnya penyelenggaraan pesta adat meja panjang. Menurutnya, tujuan diselenggarakan sangat mulia, yaitu untuk memelihara adat budaya Dayak sekaligus menjalin persaudaraan, dan kerja sama baik antarsesama masyarakat Kampung Merasa, dengan pihak lainnya.

Keberhasilan penyelenggaraan pesta budaya ini, merupakan cerminan keberhasilan pembangunan Kampung Merasa.

Muharram mengucapkan, terima kasih atas kerja keras semua pihak dari Pemerintah Kampung, Pemangku Adat, Pemerintah Kecamatan, OPD, Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, pihak swasta dan lembaga masyarakat atas dukungannya dalam ikut mensukseskan acara tersebut.

“Ayo bersama kita sukses kan pembangunan pariwisata di Kabupaten Berau, sekaligus menjaga kelestarian budaya,”tegasnya.

Lanjutnya, masih banyak program kedepan yang ingin dituntaskan di Kampung Merasa. Seperti menuntaskan pengaspalan jalan, jaringan internet dan fasilitas lain untuk mendukung pengembangan desa wisata.

“Semoga kita diberi kemudahan untuk menjadikan Kampung Merasa dan kampung lainnya lebih maju dan sejahtera,”harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo mengatakan bahwa ini adalah salah satu wujud keharmonisan masyarakat Berau. Beragam suku, agama dan budaya semua berkumpul untuk menyaksikan dan menjadi bagian dari penting dalam mendukung pariwisata daerah.

“Ini adalah bentuk kerja sama yang luar biasa dalam menarik wisatawan,”ujarnya.

Bahkan, kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni. Dikatakannya, bahwa Sri memberikan peluang terhadap Kebudayaan Pariwisata Kabupaten Berau, untuk dapat berperan mengisi kalender wisata Kaltim.

“Saya bersyukur akan hal tersebut. Tentunya hal itu akan membantu mempromosikan wisata Berau,” pungkasnya. (*/fst/adv/app)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*