Catat, Malam Jumat Jembatan Kembar Siap Launching

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi saat meninjau jembatan mahakam IV. (Michael/DiswayKaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Hasil uji beban Komisi Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) menyatakan Jembatan Mahakam IV sudah memenuhi syarat. Jembatan Mahakam IV akan dilaunching, Kamis (2/1/2020) mendatang.

“Hasil uji beban sudah memenuhi syarat. Sudah bisa dilewati. Insyaallah, malam Jumat, Jembatan Mahakam IV akan diujicoba,” ujar Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi saat meninjau Jembatan Mahakam IV Samarinda, Senin (30/12/2019) sore tadi.

Ia membeber hasil sementara uji beban KKJTJ. Dari keempat jembatan yang ada di Kota Tepian. Jembatan Mahkota IV memiliki kualitas terbaik.

Jembatan yang dibangun sejak tahun 2012 itu diharapkan sudah bisa dimanfaatkan mulai awal tahun nanti.

Uji coba dilakukan sambil menunggu sertifikat layak fungsi jembatan dari KKJTJ Kementerian PUPR. Hasilnya akan keluar sebulan setelah uji beban dilakukan.

Untuk tahap awal uji coba, hanya kendaraan penumpang termasuk bus dan sepeda motor yang boleh melintas. Sedangkan truk belum diperkenankan hingga keluarnya surat laik dari KKJTJ.

“Bentang bawah jembatan ini (jalur navigasi) jauh lebih lebar. Jadi jauh lebih aman. Terlalu kalau ada ponton yang masih menabrak,” cetusnya.

Jalur navigasi Jembatan Mahakam IV dibuat sepanjang 150 meter. Sementara Jembatan Mahakam I hanya 90 meter. Jembatan juga dipercantik dengan lampu tematik yang akan menyala mulai pukul 19.00 hingga 24.00 Wita.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kaltim M Taufik Fauzi juga turut hadir. Ia menyebut dari pantauan KKJTJ, Jembatan Mahakam IV sudah bisa dilintasi. Sambal menunggu rekomendasi layak fungsi dari Menteri PUPR.

“Ahlinya sebanyak 33 orang. Menurut informasi, paling cepat satu bulan dari uji beban baru hasilnya keluar. Nanti apa saja catatan yang keluar dari KKJTJ baru kita ikuti. Kamis malam akan dilauncing jembatannya sekalian dengan launcing lampu. Gubernur Kaltim Isran Noor yang meresmikan,” pungkasnya. (mic/boy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*