DPKP Gelar Lomba Diversifikasi Pangan

Lomba diversifikasi pangan digelar Dharma Wanita Persatuan, BKMT dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kaltara (humas)

TANJUNG SELOR, DISWAY – Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan kelompok ibu-ibu yang tergabung dalam Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara menggelar sosialisasi dan lomba diversifikasi pangan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 22 Desember lalu ini, mengangkat keanekaragaman cita rasa dan kreativitas pengolahan pangan berbasis bahan non-beras dari tepung singkong dan tepung jagung yang ada di Kaltara.

Kegiatan ini, kata Kepala DPKP Kaltara, Andi Santiaji Pananrangi, merupakan upaya Pemprov Kaltara melalui DPKP mempromosikan keanekaragaman konsumsi pangan, serta meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi pangan lokal. Dengan prinsip gizi seimbang.

”Tujuan lain adalah meningkatkan keterampilan dalam pengembangan olahan pangan lokal, serta mengembangkan dan mendiseminasikan teknologi tepat guna untuk pengolahan pangan lokal. Khususnya untuk ibu-ibu yang tergabung dalam DWP dan anggota majelis taklim,” ujarnya.

“Diversifikasi pangan menjadi salah satu tema penting dalam pembangunan ketahanan pangan di Indonesia, khususnya di di Kaltara yang sangat kaya akan ragam bahan pangan lokal. Ini harus disajikan menarik, sehingga memiliki daya tarik untuk meningkatkan nilai tambah,” kata Santiaji.

Sosilisasi dan lomba diversifikasi pangan menurutnya, tidak hanya sekadar kampanye. Akan tetapi, gerakan ini harus diwujudkan untuk meningkatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi dan seimbang dengan menciptakan ketertarikan masyarakat untuk mengonsumsinya.

“Untuk menimbulkan ketertarikan, strategi pertama yang perlu dilakukan adalah kita perbaiki olahannya. Dan bagaimana mengolah bahan baku pangan lokal yang kita miliki agar mempunyai daya saing baik dari segi tampilannya yang menarik, rasa yang digemari dan harga yang bersaing,” imbuhnya. (hms)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*