Rp 11 Miliar Beasiswa Cair

Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie meluncurkan pemberian beasiswa Kaltara Cerdas usai senam sehat dalam rangka Bulan Bakti Karang Taruna, di Lapangan Agatish Tanjung Selor, Minggu (29/12).(humas)

TANJUNG SELOR, DISWAY – Pemprov Kaltara telah mencairkan beasiswa untuk 4.895 penerima. Senin (30/12) hari ini, akan ditransfer ke rekening masing-masing penerima.

Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie meluncurkan pemberian beasiswa Kaltara Cerdas bersamaan dengan senam sehat dalam rangka Bulan Bakti Karang Taruna, di Lapangan Agatish Tanjung Selor, Minggu (29/12). “Insya Allah besok (Senin, 30/12) beasiswa ditransfer ke rekening penerima,” ungkap Irianto.

Hadir pada acara tersebut, Bupati Bulungan, Sudjati dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Kaltara. “Beasiswa baru bisa dicairkan karena harus melewati proses verifikasi yang cukup panjang. Saya ingin pemberian beasiswa benar-benar tepat sasaran,” ungkap gubernur.

Dari hasil penghitungan, lanjut Irianto, kuota penerima bantuan Kaltara Cerdas tahun ini, disepakati sebanyak 5.010 penerima. Sementara setelah dilakukan verifikasi Tim Koordinasi dan Pengawasan Beasiswa Kaltara Cerdas 2019, dari total berkas yang masuk ke sekretariat Dewan Pendidikan Kaltara sebanyak 6.178 berkas, dinyatakan lolos dan akan menerima beasiswa sebanyak 4.895 orang.

Dengan rincian, untuk beasiswa bagi siswa SMA/SMK/MA berprestasi, dari kuota 693 yang disediakan, yang akan menerima sebanyak 403 siswa. Sementara bagi mahasiswa, dari kuota 4.317, jumlah penerimanya 4.492 orang.

“Melalui APBD kita alokasikan anggaran sebesar Rp 12 miliar. Dari anggaran tersebut, yang digunakan untuk pemberian beasiswa sebesar Rp 11.115.000.000,” jelasnya seperti dirilis Humas Pemprov Kaltara.

Seperti disampaikan sejak awal, gubernur menegaskan, dalam pemberian beasiswa Kaltara Cerdas 2019 ini, tidak semua yang mengajukan proposal otomatis menerima. Ada beberapa aturan dalam penyeleksian calon penerima, termasuk pengelolaan kuota di tiap kuota beasiswa.

“Tim koordinasi dan pengawasan Kaltara Cerdas 2019 bersama Dewan Pendidikan Kaltara menerapkan beberapa aturan dalam penyeleksian calon penerima, termasuk pengelolaan kuota di tiap kuota beasiswa yang dilamar,” urainya.

Lebih jauh Irianto mengatakan, masyarakat Kaltara sudah sepatutnya bersyukur. Meski dengan APBD yang relatif kecil, Pemprov Kaltara masih mampu menyisihkan anggaran untuk memberikan beasiswa kepada putra-putri dari Kaltara yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

“Tidak semua provinsi ada program seperti ini. Selaku Gubernur, saya mengambil kebijakan untuk memprogramkan pemberian beasiswa ini. Hal demikian kita lakukan untuk membantu biaya Pendidikan bagi putra-putri dari Kaltara agar bisa menempuh Pendidikan di perguruan tinggi. Utamanya bagi yang berasal dari keluarga kurang mampu. Juga sebagai reward kepada putra-putri kita yang berprestasi,” kata gubernur lagi.

Dalam kesempatan itu, Irianto berpesan kepada para penerima agar memanfaatkan dengan baik beasiswa ini. “Gunakan untuk semestinya, yaitu untuk biaya pendidikan. Belajar dan belajar, tekuni apapun bidang pendidikan yang sudah dijalani. Kejar prestasi, selalu optimis untuk masa depan anda yang lebih baik,” pungkasnya. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*