Tahun Depan Pulau Kumala Siap Dilelang

Pulau Kumala Tenggarong. (Rafii Disway)

===

Kukar, Disway Kaltim-Pemkab Kukar bakal melelang pengelolaan Pulau Kumala kepada pihak ketiga. Baik itu investor dalam negeri maupun luar negeri.

Manajemen Taman Impian Jaya Ancol dan Jatim Group disebut-sebut berminat mengembangkan ikon wisata Kota Raja tersebut. Namun tidak meminggirkan investor dari luar negeri.

“Belum dibuka proses lelang. Direncanakan Mei 2020, kalau tidak ada halangan,” ucap Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta pada Disway Kaltim, Senin (30/12).

Memang anggaran pengelolaan untuk pulau yang letaknya tepat di tengah Sungai Mahakam di Tenggarong tergolong besar. Sehingga jika menggunakan APBD Kukar, cukup menguras anggaran Pemkab Kukar.

Untuk saat ini perawatan wahana di Pulau Kumala terbatas. Bahkan banyak wahana yang dulunya beroperasi kini rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

Namun untuk tahun ini, Dispar Kukar menganggarkan perbaikan. Pada beberapa wahana yang sifatnya tidak memerlukan teknis tinggi. Secara bertahap dispar memperbaiki lanskap sarang burung yang berada di tengah pulau. Selain itu memperbaiki arena boom-boom car dan arena Merry Go-Round atau komidi putar.

“Tahun ini sudah mulai bertahap diperbaiki,” lanjut Ridha.

Namun tidak untuk arena go kart dan kereta api keliling yang kini nasibnya tidak terurus. Bahkan lintasan go kart terlihat rusak parah. Mulai pembatas jalan dan areal pit stop. Begitu pula dengan kereta api. Kini digelayuti rumput dan semak belukar.

Tak hanya itu, wahana unggulan Pulau Kumala pada masanya yakni Skytower dan kereta gantung hanya jadi bangunan mati. Tidak bisa dioperasikan karena memang keterbatasan anggaran untuk perawatan.

Tidak sampai di situ, kini tampilan Pulau Kumala tidak seterang beberapa tahun lalu. Bila malam tiba, Pulau Kumala kurang penerangan. Ridha menjelaskan karena penerangan yang ada saat ini terkendala oleh jaringan listrik.

“Ini aja baru selesai perbaikan listriknya,” sebut Ridha.

Untuk tahun depan, Dispar Kukar akan melakukan perawatan untuk jaringan listrik di Pulau Kumala. Namun saat ditanya kisaran anggaran yang dikucurkan. Ridha tidak bisa menyebutkan dengan pasti.

Dengan segala potensi yang dimiliki oleh Pulau Kumala, Pemkab Kukar optimistis banyak investor yang siap mengelola pariwisata di Pulau Kumala. Dengan harapan kembali menjadi destinasi wisata favorit di Kukar. (mrf/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*