Bumi Etam Rawan Peredaran Narkoba, Dewan Isyaratkan Perjuangkan Anggaran

Komisi IV DPRD Kaltim berfoto bersama dengan BNNP Kaltim setelah mengadakan rapat dengar pendapat. (Istimewa)

===

Samarinda, DiswayKaltim.com – Guna mendukung program Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba, DPRD Kaltim bersedia memperjuangan bantuan keuangan untuk BNNP Kaltim.

Kepala BNNP Kaltim Brigjen Pol Raja Haryono mengatakan, upaya yang paling baik dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba adalah melalui pencegahan. Baik itu pencegahan primer, sekunder, maupun tertier.

“Pencegahan itu seperti penyuluhan tentang bahaya narkoba, penerangan melalui berbagai media tentang bahaya narkoba, serta pendidikan tentang pengetahuan narkoba dan bahayanya,” beber Raja.

Menurutnya, ketika pelajar dan mahasiswa mengetahui seluk beluk narkoba, maka mereka akan mendapat informasi yang cukup sehingga dapat memilih yang baik atau buruk.

“Sosialisasi itu fungsinya untuk memberikan pemahaman mengenai seluk beluk narkoba, pemanfaatannya, penyalahgunaannya, dan dampak buruk dari narkoba itu seperti apa,” tandasnya.

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub mengatakan, sebelum BNNP Kaltim mendapatkan bantuan anggaran, perlu terlebih dulu memaparakan program kerjanya kepada DPRD Kaltim.

“Kita minta diberi rincian kegiatanya. Biar bisa kita lihat yang mana bisa kita masukkan. Supaya bisa kita dorong,” ujarnya.

Ia menyebut, semua program yang disampaikan BNNP Kaltim bisa melalui kerja sama program. Seperti sosialisasi ke sekolah-sekolah. BNNP bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan (Disdikbud) Kaltim.

Apalagi berdasarkan data dari LIPI Universitas Indonesia, tahun ini Kaltim masuk dalam urutan keempat peredaran narkoba tertinggi secara nasional.

“Sedangakan berdasarkan data prevalensi atau kecenderungan penyalahgunaan narkotika, tertinggi ditempati oleh kalangan pelajar dan mahasiswa,” sebut Rusman. (adv/qn/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*