Musim Hujan, Pengendara Diminta Waspada

Kasat Lantas Polres PPU, AKP Edy Haruna

===

PENAJAM-Wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) saat ini memasuki musim penghujan. Intensitas hujan yang cukup tinggi tidak hanya memicu bencana alam tetapi juga menggundang bahaya di jalan raya.

Kasat Lantas Polres PPU AKP Edi Haruna mengatakan, jalan yang digunakan masyarakat PPU merupakan jalan negara yang menghubungkan antar provinsi sehingga kecepatan kendaraan cukup tinggi. Hal ini menjadi rawan terjadinya lakalantas. Pasalnya terdapat beberapa titik jalan yang cukup licin ketika kondisi hujan.

Kasat yang dikenal ramah ini imbauan ke penguna jalan yang melintasi akses PPU untuk meningkatkan kewaspadaan berkendara.

“Di saat musim penghujan seperti saat ini diharapkan pengguna jalan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan saat berkendara, dikarenakan kondisi cuaca yang tidak menentu hal ini akan berpotensi menimbulkan bahaya di saat bepergian, dan juga apabila sedang terjadi hujan penggendara diharapkan untuk menepi atau menghentikan kendaraan sejenak guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan di jalan raya,” imbaunya.

Dirinya menambahkan, untuk sementara jalan raya di wilayah Kabupaten PPU terpantau aman, dan tidak terlihat adanya potensi bencana alam yang akan berdampak pada jalan raya. Namun kondisi hujan terkadang menyebabkan jalan cukup licin dan berpotensi terjadinya lakalantas.

“Kalau sepanjang jalan kita ini selama musim hujan ini tidak ada air yang meluap ke jalan. Namun tetap kita waspadai dan hati-hati. Biasanya kalau hujan deras itu tekanannya tinggi yang bisa mengakibatkan jembatan runtuh. Hujan juga terkadang mengurangi jarak pandang kita berharap ini dapat menjadi perhatian,” ujar Edy Haruna.

Hingga pertengahan Januari ini, ia baru mencatat satu lakalantas dan saat ini dalam proses pemeriksaan. (syd/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*