KPU Kukar Bidik Pemilih Pemula

Erlyando Saputra. (Rafii/Disway)

===

Kukar, DiswayKaltim.com – Untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih pada Pilbup Kukar tahun ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar menyasar pemilih pemula. Kali ini KPU Kukar memilih Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tenggarong.

Ketua KPU Kukar Erlyando Saputra mengajak kaum milenial Kukar, khususnya seluruh siswa MAN 2 Tenggarong untuk terlibat aktif dalam tahapan dan pelaksanaan pilkada mendatang.

“Memastikan bahwa teman-teman milenial terdaftar sebagai pemilih,” ucap Erlyando pada Disway Kaltim, Sabtu (25/1).

Tidak hanya itu, kaum milenial sebagai pemilih pemula secara pro aktif melapor apakah sudah terdaftar ataupun belum. Caranya dengan berkoordinasi pada panitia pemungutan suara (PPS di tingkat kelurahan) setempat.

Dalam paparannya, pria yang akrab disapa Nando itu mengingatkan siswa MAN 2 Tenggarong yang berumur 17 tahun dan belum memiliki e-KTP untuk segera melakukan perekaman data di Disdukcapil Kukar.

“Termasuk yang berusia 17 tahun pada 23 September mendatang, untuk segera mendaftarkan diri. Supaya bisa terdaftar sebagai pemilih potensial,” lanjut mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu.

Nando menyebutkan, syarat seseorang terpenuhi sebagai pemilih yakni lengkap administrasi. Kelengkapan administrasi yang dimaksud adalah memiliki e-KTP. Dengan begitu bisa ikut memberikan suara saat hari pencoblosan.

Selain itu, memiliki kelengkapan administrasi kepemiluan. Ditandai dengan masuk dalam daftar pemilih yang dihimpun KPU melalui petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dan panitia pemungutan suara (PPS) tingkat desa atau kelurahan.

Nando menegaskan para pemilih pemula agar lebih bijak dalam bersikap. Terutama dalam menyikapi masalah kabar hoaks, ujaran kebencian, dan SARA. Nando mengharapkan masyarakat terlebih dahulu mengecek kebenaran, sebelum membagikan ulang ke masyarakat luas.

“Lantaran permasalahan tersebut rentan menimbulkan konflik,” pungkas Nando. (mrf/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*