Proses Rekrutmen PPK Harus Diawasi

Ketua Umum HMI Cabang Kukar, Mursid Mubarak (ist)

===

Kukar, DiswayKaltim.com – Sebagai unsur vital dalam penyelenggaraan proses Pilbup Kukar, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Kukar meminta perekrutan panitia pemilihan kecamatan (PPK) oleh KPU Kukar dilakukan secara cermat, objektif dan transparan.

“Mengingat mereka adalah penyelenggara teknis dan lebih banyak bersentuhan langsung di lapangan,” jelas Ketua HMI cabang Kukar Mursid Mubarak pada Disway Kaltim.

Tidak sampai di situ, Mursid berharap Bawaslu Kukar turut aktif mengawasi dengan ketat. Dalam tiap proses tahapan perekrutan PPK di 18 kecamatan se-Kukar.

Menurutnya penilaiannya, tahapan ini berpotensi akan kepentingan pihak-pihak tertentu. Jangan sampai ada pihak yang menyusupkan kepentingannya dalam proses tahapan perekrutan PPK.

Untuk mencegah hal itu, Mursid meminta KPU Kukar bisa mempertimbangkan masukan dari masyarakat. Terkait nama-nama calon yang mendaftar sebagai PPK. Sehingga jika memang ada nama-nama yang memiliki trackrecord buruk, sebaiknya tidak diluluskan.

Pengawasan dari masyarakat, mahasiswa, hingga akademisi sangat diperlukan. Sehingga proses rekrutmen PPK bisa dilaksanakan dengan bersih, jujur dan adil.

“Karena dari penyelenggara yang bersih akan melahirkan output pilkada yang bersih pula,” pungkas Mursid. (mrf/hdd)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*